PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNSYIAH TERHADAP METODE PEMBELAJARAN INTERACTIVE SKILL STATION DAN SEVEN JUMPS

Adinda Devanti, Rosmala Dewi, Fitriana .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Mahasiswa FKep tentang metode pembelajaran Interactive Skill Station dan Seven Jumps dan keefektifitasan metode pembelajaran Interactive Skill Station dan Seven Jumps sebagai model pembelajaran dikelas. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian adalah Mahasiswa FKep Unsyiah angkatan 2016, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling dengan jumlah 94 orang. Analisis data menggunakan Skala Likert dengan uji SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (50%) responden menyatakan setuju dengan penerapan metode pembelajaran Interactive Skill Station dan Seven Jumps dapat meningkatkan pemahaman materi, sikap, dengan kelebihannya dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dan sebagian besar (50%) responden menyatakan kefektivitasan metode pembelajaran ini dapat diterapkan pada pembelajaran dikelas. Dengan mengetahui langkah-langkah metode pembelajaran Interactive Skill Station dan Seven Jumps, diharapkan metode ini dapat diterapkan pada Kosentrerasi Tata Busana prodi Pendiikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Unsyiah pada mata kuliah yang menyangkut teori dan praktikum supaya dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mencari sumber-sumber belajar lainnya untuk dipelajari agar dapat meningkatkan kreatifitas dan tidak terfokus pada materi yang diberikan oleh pengajar.

 

 

Kata kunci : Persepsi Mahasiswa, Metode Interactive Skill Station, Metode Seven Jumps


Full Text:

PDF

References


Alrahrah. 2016. “How Effective Learning The Problem Based Learning (PBL) In Dental Education. A Critical Review”. Juournal of The Studi Dental. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5110467/. Diakses pada tanggal 04 Agustus 2020.

Dantes. N. 2009. “Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi”. Makalah Lokakarya Kurikulum pada Fakultas Seni Rupa dan Disain Institut Seni Rupa Indonesia. https://docplayer.info/40677734. Diakses pada tanggal 26 Juni 2020.

Dolman. D, Willem. D. G, Wolfhagen. I, Van. D. V. 2005. “Probelem Based Learning: Future Challengens for Educational Practice and Research”. Medical Education. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15960794/. Diakses pada tanggal 9 Juli 2020.

Fitriana dan Rosmala Dewi. 2015. Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Vokasional Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Jidsaw di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO Se-Indonesia. http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3026/Peran%20Guru%20dalam%20Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20%20pada%20Pelajaran%20Vokasional%20Melalui%20Model%20%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Pair%20Jigsaw%20%20di%20SMP%20Negeri%2018%20Banda%20Aceh

Galuh. N. I. 2017. Hubungan Pengetahuan Seven Jumps dengan Penerapan Proses Pembelajaran Tutorial Pada Mahasiswa DIV Kebidanan Tahun Kedua di Universitas Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2017. Yogyakarta : Naskah Publikasi. http://digilib.unisayogya.ac.id/2413/1/GALUH%20NOERUL%20IZZATI%20%28%20201510104447%20%29%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

Harsono. 2004. “Pengantar Problem Based Learning”. Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran UGM.

Ikram, Al. 2016. Metode PBL Seven Jumps Dengan Keberhasilan Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Diakses pada Tanggal 29 Juni 2020. http://jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/download/1687/2914.

Indah. S. W. dan Agus. S. 2013. Pengetahuan Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Metode Pembelajaran PBL. Jawa Tengah. Prosiding Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah 2013. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/download/857/911

Mukminan. 2013. Penggunaan Teknik Seven Jumps untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan., Thn XXXII, No.2. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1484. Diakses pada Tanggal 09 Juli 2020.

Mera. R. 2013. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Diskusi Kelompok Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIIIE di SMPN 19 Semarang. https://lib.unnes.ac.id/17319/1/1301408046.pdf

Nasrul. A. Muhammad. A. dan Husin B. 2017. Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Word Based Learning Pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar Bagi Siswa Kelas Xc Jurusan Teknik Pemesinian SMK Warga Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2016/1017. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi Ke 2.

Nurul Fadhilah, Anizar Ahmad, Fitriana. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Edukasi Pada Materi Bagian-Bagian Busana di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Syiah Kuala. Volume 3, No 4. Diakses tanggal 14 September 2020. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/11948

Rini. W. P dan Purni. M. H. 2019. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sistem Digital. SAP (susunan Artikel Penelitian). Vol 4 No 2 Desember 2019. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/download/4609/2813

Anggun. Ratna. A. 2015. “Keefektifan Metode Seven Jump Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Kebumen”. http://lib.unnes.ac.id/22884/1/4301411105.

Syarif, Hilman. 2013. Perbandingan Efektifitas Metode Seven Jumps Dengan Metode ISS pada Mahasiswa PSIK FK Unsyiah. Idea Nursing Jurnal. Vol IV No. 2. http://jurnal.unsyiah.ac.id/index.php/INJ/article/view/1560

Warsono, H. 2013. Pembelajaran Aktif. Cetakan ke dua. Bandung: PT Remaja Rosdaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.