DAYA TARIK REMAJA PUTRI PADA PRODUK KERAJINAN MAKRAME
Abstract
Kerajinan pada sebuah busana akan menunjukkan sebuah keindahan yang terkandung di dalamnya Desain busana remaja dapat menggunakan bahan tekstil untuk membuat teknik makrame. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi remaja putri terhadap busana dari produk kerajinan makrame, faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik remaja putri pada produk kerajinan macrame pada busana dan penerapan produk kerajinan makrame pada busana remaja putri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi remaja putri terhadap busana produk kerajinan makrame sangat positif. Remaja putri sangat teratrik dengan kerajinan makrame karena kerajinan ini dapat dengan mudah dibuat tanpa menggunakan mesin. Remaja putri juga beranggapan bahwa kerajinan makrame merupakan suatu kerajinan yang memanfaatkan tali dan benang sebagai bahan utama, sehingga memudahkan dalam membuatnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik remaja putri terhadap produk kerajinan makrame pada busana dikarenakan kerajinan ini dapat dimodifikasi dalam bentuk apapun. Remaja putri beranggapan bahwa keindahan dan kualitasnya mampu meyaingi persaingan-persaingan kerajinan lainnya. Penerapan produk kerajinan makrame pada remaja putri tidak hanya pada busana saja, namun juga pada asesoris-asesoris lainnya. Adapun jenis-jenis kerajinan makrame yang digunakan atau dipakai oleh remaja putri tersebut diantaranya; baju sweater, tas, jilbab atau kerudung.
Kata kunci: Daya Tarik Remaja Putri, dan Kerajinan Makrame
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Pandi. 2008. Analisis Faktor Penantu Daya Traik Produk pada Pasar UKM Lopait Kecamatan tentang Kabuapaten Semarang. Jurnal Among Makarti. 1(1): 67-81.
Asriyani, Indah. 2013. Inspirasi Macrame. Surabaya: Tiara Aksa.
Dewi, Rusuma Ayu Dian Anike. 2013. Studi Komprasi Daya Tarik Intrepersonal pada Mahasiswa Unnes. Journal of Social and Industial Psychology. 2(2): 32-44.
Ginting, Masta. 2002. Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 8(28):91-102.
Harka, Zaskia Ayu. 2014. Teknik Makrame Menggunakan Benang Katun untuk Busana Pesta. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa dan Desain, 1: 2-3.
Hartati, Indah dan Kurniasari, Laeli. 2017. Penumbuhkembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Pelatihan Teknik Dasar Makrame dalam Pembuatan Tas dari Taliukur. Jurnal Abdimas Unwahas, (Online), Jilid 2 No.1, (http://file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/1789-3653-1-PB.pdf., diakses 07 Januari 2018).
Ismadi, 2011. Bahan Ajar Kriya Tekstil UN Yogya. Tidak diterbitkan.
Jannah, Miftahul. 2016. “Remaja dan Tugas-Tugas dalam Islam”. Jurnal Psikoislamedia , (Online), Volume 1 Nomor 1, Diakses 9 Oktober 2018.
Margono. 2000. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mamuaya, Christiana Nova. 2016. The Effect of Situsional Faktors Production Consumer Buying Decision in Hypermart at Manado City. Jurnal Manajemen. 11(1):132-170.
Murtono Sri. Dkk. 2007. Seni Budaya dan Keterampilan. Bogor: Yudhistira.
Rusmawati, Yesy dan Nahari, Inty. 2014. “Pengaruh Ukuran Lebar Cotton Combed dengan Teknik Makrame Terhadap Hasil Jadi Kalung”. Jurnal Edisi Yudisium, (Online), Jilid 3 Nomor 1, Diakses 12 Februari 2018.
Sari, Kurnia Fitri Fransisca dan Bodroastuti, Tri. 2012. Pengaruh Faktor Organisasional dan Faktor Non Organisasi terhadap Komitmen Organisasional (Studi pada Pegawai Bagian Produksi PT Kubota Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala. Email: kurniasarifransisca@gmail.com.
Sartini, 2011. “Pengembangan Modul Kerajinan Makrame untuk Pembelajaran Keterampilan PKK di SMP Negeri 1 Yogyakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sobandi, Bandi. 2006. Makrame (Kerajinan Irhas F.L, Edi. 2010: Belajar Membuat Makrame”. Jakarta: PT. Multazam Mulia Utama.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trisnawati, Desi dkk. 2017. Pelatihan Membuat Tas Makrame Bagi Remaja Putus Sekolah di UPTD Bina Harapan Remaja Padangpanjang untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Batoboh, (Online), Jilid 2 No 1, (http://file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/322-885-1-PB.pdf., diakses 12 Februari 2018)
Refbacks
- There are currently no refbacks.