ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP NUGGET PISANG OWAK (Musa paradisiaca L)

Siska Nur Ulyatunnisa, Yuli Heirina Hamid, Nurul Faudiah

Abstract


Pisang owak mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Seperti kaya akan mineral, fosfor, lemak, besi, protein serta vitamin A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap nugget pisang owak berdasarkan usia. Sehingga diharapkan dapat memberikan informasi kepada pembaca atau masyarakat mengenai pisang owak yang dapat diolah menjadi makanan beku (frozen food), khususnya nugget. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara acak 60 orang panelis konsumen yang terdiri dari berbagai golongan usia seperti remaja awal, remaja akhir, dewasa awal, dan dewasa akhir, dengan persentase tiap golongan usia adalah 25% dari jumlah seluruh golongan panelis. Data terkait uji kesuakan pada pembuatan nugget pisang owak dari hasil percobaan diadakan penilaian terhadap  resep kontrol nugget pisang raja dan nugget pisang owak yang dicoba oleh 60 panelis konsumen dari berbagai golongan usia di Banda Aceh. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Penerimaan (Acceptability Test). Alat penilaian ini berupa kartu Hedonic scale dengan skala (1-9) untuk melihat tingkat kesukaan yang menunjukkan diterima atau tidak diterimanya resep nugget pisang owak dari hasil percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil uji tingkat kesukaan (preferensi) yang diujicobakan kepada 60 orang panelis konsumen berdasarkan usia pada nugget pisang owak dapat disimpulkan bahwa tingkat kesukaan tertinggi yang paling disukai oleh konsumen remaja awal pada perlakuan pertama (8,13) dengan kode AS00, kemudian konsumen remaja akhir pada perlakuan ke dua (7,73) dengan kode AS01, kemudian konsumen dewasa akhir pada perlakuan ke dua (7,67) dengan kode AS01 dan tingkat kesukaan terendah konsumen dewasa awal pada perlakuan ke ketiga (6,33) dengan kode AS02.

 

Kata Kunci: Pisang Owak, Nugget, Frozen Food


Full Text:

PDF

References


Ahmad Supriyadi. 2010. Pisang, Budi Daya, Pengolahan, dan Prospek Pasar. Jakarta: Penebar Swadaya

Claudio, Virginia S, and Sonia Y de Leon. 1977. Experimental Cookery Reading and

Laboratory. Manila: National Book Store.

Darma Prawira. 2002:32-34. “Pengertian Warna Dan Tekstur” Jurnal pdf, (Online), (http://repo.isi-dps.ac.id/., diakses pada 11 april 2019)

Dian Rahmawati. 2004 “Analisa Preferensi dan Prilaku Konsumen Terhadap Produk Chicken Nugget” Skripsi diterbitkan. Banda Aceh: Unversitas Syiah Kuala.

Dita, Ayuni. 2010. Buku Pintar Membuat Kue. Jakarta: Media Pustaka.

Depkes, RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta

I Putu Ade Andre Payadnya dan I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistick Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Hamid, Yuli Heirina. 2000. Pengaruh Penambahan Pisang Owak (Musa Paradisiaca L) terhadap Bahan Makanan Campuran Bayi. Tidak dipublikasi, Tesis diterbitkan. Bogor, Institut Pertanian Bogor.

Henny, Nuraini. 2007. Memilih dan Membuat Jajanan Anak yang Sehat dan Halal. Jakarta: QultumMedia

Komaruddin.2014.Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Jakarta: CV Sinar Baru

Kusdi.2011. Bermacam Ragam Aneka Buah. Bandung. Penebar Swadaya

Munizar. 1998. Teknologi Pengolahan Pisang. Jakarta: PT Gramedia

Melisa, Kusumawati.2017. Pastry Dalam Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nurul Aprilianti.2017. “Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Formulasi Biskuit Balita Berbasis Tepung Pisang Owak (Musa Paradisiaca L), Tepung Kacang Merah (Phaseolus Vulgaris L) dan Tepung Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus L)”. Tidak dipublikasi Skripsi diterbitkan. Banda Aceh: Unversitas Syiah Kuala.

Puspita, W. 2011. “Pola Pemberian Pisang Owak, Status Gizi dan Gangguan Saluran Pencernaan pada Bayi Usia 0-12 Bulan di Desa Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara Tahun 2011. Skripsi. Program S1 Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat”. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Medan

Rifqi Akmal. 2014. “Analisis Perbedaan Preferensi Konsumen Terhadap Nuggett Ikan Lubiem (Canthidermis maculata) Berdasarkan Bahan Pengisi Nugget”. Skripsi diterbitkan. Banda Aceh: Unversitas Syiah Kuala.

Rismunandar. 1990. Bertanam Pisang. Bandung . CV. Sinar Baru.

Rismunandar. 1990. Membudidayakan Tanaman Buah-buahan. Bandung. CV. Sinar Baru

Suharjo.1989. Sosio Budaya Gizi, Pusat Antar Universitas Pangan Dan Gizi. Bogor: IPB

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta

Tati, S. 1988. Rahasia Mengolah Daging Ayam. Bulletin Perbaikan Menu Makanan Rakyat. 18(78); 27-33

Tanoto, E. 1994. “Pembuatan Fish Nugget dari Ikan Tenggiri”. Skripsi. Jurusan Teknologi Pangan Dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor

Winarno F.G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.