DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CITA RASA RANGGINING UBI JALAR UNGU (Ipomea batatas P)

Dede Rosadi, Suryati Sufiat, Yuli Heirina Hamid

Abstract


 

Ubi jalar merupakan tanaman umbi-umbian dan tergolong tanaman semusim atau berumur pendek.Ubi jalar ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber energi yang cukup tinggiuntuk  memenuhi kebutuhan gizi bagi kesehatan tubuh. Serta mudah diolah untuk dijadikan sebagai olahan cemilan tradisional salah satunya Ranggining.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen terhadap ranggining ubi jalar ungu terhadap karakteristik organoleptik yaitu warna, aroma, rasadan tekstur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain rancangan acak lengkap (RAL), yaitu satu kali resep kontrol dan dua kali perlakuan. Besar ukuran gram ubi jalar ungu  adalah 200 gram dan 250 gram dengan dua kali perlakuan dari tiga produk ranggining yang diberikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji penerimaan (Hedonic Scale) oleh 30 panelis konsumen.Data uji penerimaan dianalisis dengan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang diperoleh dari panelis konsumen.Hasil uji penerimaan oleh konsumen yang disukai adalah ranggining dengan menggunakan ubi jalar ungu 200 gram pada perlakuan (Ru2) yaitu dari segi warna ungu pekat (3,9), aroma harum (3,7), tekstur renyah (4,1) dan rasa manis (3,9). Hipotesis penelitian ini diterima (H1) karena terdapat pengaruh pada warna,aroma, tekstur dan rasa. Kesimpulan konsumen lebih menyukai perlakuan ke dua Ru2 terhadap produk ranggining ubi jalar ungu berdasarkan warna, aroma,tekstur, dan rasa.

 

Kata Kunci:Daya Terima, Konsumen, Ranggining, Ubi Jalar Ungu


Full Text:

PDF

References


Dian, 2011.Hubungan Penampilan Makanan dan Faktor Lainnya dengan Sisa Makanan Biasa.Skripsi, Jakarta: Universitas Indonesia.

Kumalaningsih, Sri. 2014. Pohon Industri Potensial Pada Sistem Agroindustri. Malang. UB Press

M.Ariffin, dkk. 2016. Aspek Mikrobiologis Serta Sensori (Rasa, Warna,, Tekstur, Aroma) Pada Dua Bentuk Penyajian Keju yang Berbeda.Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Teknologi Pangan. Vol.4,NO,2.

Noviyanti. 2016.Hubungan Antara Kepuasan Pasien Dengan Daya Terima Makanan. Skripsi STIKES Ngudi Waluyo, Kendal.

Rahayu,W.P. 2001. Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik. Jurusan Teknologi Pangan Dan Gizi. Fakultas Teknologi Pangan. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Winarno. 2014. Kimia Pangan Dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.