GAYA BELAJAR MAHASISWA TATA BUSANA YANG MERAIH PREDIKAT PUJIAN

Nanda Sukma, Anizar Ahmad, Rosmala Dewi

Abstract


Wisuda sarjana srata 1 Universitas Syiah Kuala pada periode ke empat tahun 2019 merupakan wisuda dengan lulusan Pujian terbanyak sejauh ini di Program Studi  Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Penelitian ini bertujuan mengetahui gaya belajar yang dominan yaitu gaya belajajar auditorial, visual, atau kinestik dan faktor-faktor pendorong mahasiswa berprestasi pada Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga kosentrasi Tata Busana, faktor-faktor yang diteliti adalah faktor internal  berupa kondisi Fisiologis, minat, intelegensi dan motivasi dan faktor eksternal berupa Lingkungan sosial keluarga serta teman sejawat, kurikulum dan fasilitas di rumah dan di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan teknik purposive sampling, kriteria yang ditentukan adalah predikat pujian. Pada penelitian ini peneliti menemukan setiap subjek memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, setiap subjek tetap dapat menyerap informasi yang diberikan di kelas walaupun kurang sesuai dengan gaya belajarnya. Minat serta pandangan  subjek mengenai pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi subjek. Subjek dengan minat dan pandangan yang postif terhadap pendidikan di Program Studi  Pendidikan Kesejahteraan Keluarga memiliki prestasi yang lebih bagus. Sedangkan faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah dukungan dari keluarga karena dengan adanya dukungan dari keluarga kemudahan dari segi fasilitas juga ikut tercapai. Subjek yang dengan kebutuhan berprestasi yang tinggi memiliki minat yang lebih tinggi serta tidak membutuhkan banyak dukungan  moral dari teman sejawat.

Kata kunci: gaya belajar, mahasiswa, predikat pujian

Full Text:

PDF

References


Listyowati, Nunuk. 2018. Dukungan Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiya Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id/61366/12/NASKAH%20PUBLIKASI-285.pdf).

Varera, Linna. 2018. Pengaruh Internal dan Eksternal Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X Busana SMK Islam Moyudan. Skripsi. (Online). Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.uny.ac.id/60973/1/Tugas%20Akhir%20Skripsi_Linna%20Varera_%2013513241027.pdf.)

Rahmi, Vera Eka. 2011. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Musik Pada Remaja. Skripsi. (Online). UIN Syarif Hidayatullah:Jakarta.(http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4926/1/EKA%20VERA%20RAHMI-FPS.PDF.).

Papilaya, Ophilia Jeanete dan Neleke Huliselan. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, (Online), Volume 15, No.1 (https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/12992.)

Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Teaching resources. (Online), Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (http://repository.uin-malang.ac.id/1984/2/1984.pdf.)

Badan Pusat Statistik. 2019. Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. (https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/1565/agustus-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-28-persen.html)

Wahyuni, Yusri. 2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. (Online). Volume 10, No.2, (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2037., diakses 5 Mei 2020)

Iswahyuni, Reni. 2017. Pengaruh Pola Belajar dan Frekuensi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Janapria Mata Pelajaran IPA Biologi Sub Pembahasan Sistem Pernapasan. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan. Pendidikan IPA Biologi.Islam Negeri Mataram. (Online), (http://etheses.uinmataram.ac.id/1044/1/Reni%20Iswahyuni151135115.pdf., diakes pada 8 Mei 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.