STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN MIE BERLEVEL MEDIA SOSIAL GO- FOOD PADA STREAMBOX CAFE DI DARUSSALAM

Dina Afrina, Indani Indani, Niswanto Niswanto

Abstract


Streambox cafe merupakan salah satu usaha dibidang makanan yang banyak diminati dikalangan mahasiswa. Streambox cafe menjual beraneka ragam olahan mie dengan berbagai jenis,  ciri khas dari makanan streambox cafe adalah mie instan yang disajikan berlevel sesuai dengan selera pelanggan dan dipasarkan melalui sosial media go-food. Tujuan Penelitan untuk mengetahui (1) Program manajemen pemasaran pada usaha mie berlevel melalui sosial media go-food pada streambox cafe (2) Implementasi manajemen pemasaran pada usaha mie berlevel melalui sosial media go-food pada streambox cafe (3) Evaluasi manajemen pemasaran mie berlevel melalui sosial media go-food pada streambox cafe (4) Tindak Lanjut usaha mie berlevel. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Manager, 4 orang karyawan  dan  10  orang  konsumen.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa streambox cafe sudah membuat program perencanaan pemasaran dimulai dari merencanakan modal, tempat usaha, jenis menu makanan, karyawan serta target pemasaran.   implementasi program sudah di impelementasikan dengan menggunakan pemasaran sosial media go-food dan pemasaran marketing mix yang terdiri dari kulaitas produk, fitur produk dan desain produk namun masih kurang dalam desain makanan, Evaluasi sudah dilakukan yaitu evaluasi kasir, karyawan dapur waitres dan keuangan. Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi jenis menu makanan, target pemasaran dan evaluasi keuangan setiap bulannya dan tindak lanjut yang dilakukan yaitu menambahkan desain pada makanan sosial media go-food, pelayanan terhadap pelanggan serta kebersihan didalam menyajikan makanan. Kesimpulan Perencanaan sudah direncanakan dengan baik mulai dari perencanaan modal, tempat usaha, jenis makanan karyawan serta target pemasaran. Impelementasi sudah diterapkan dengan baik namun masih ada kekurangan pada bagian desain makanan. Evaluasi sudah dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan tindak lanjut yang dilakukan dengan menambakan desain makanan pada sosial media go-food. Diharapkan kepada streambox cafe untuk menambahkan desain makanan pada produk yang dipasarkan di sosial media go-food.

 

Kata Kunci : Strategi, Manjemen Pemasaran, Go-food, Streambox Cafe


References


Assauri , Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta : Rajawali Pers.

Budi ,Sutomo. 2008. Variasi Mie dan Pasta. Jakarta : PT. Kawan Pustaka.

Dan Zarella. 2010. The Sosial Media Marketing Book. Jakarta : PT. Serambi Ilmu Semesta.

Dedy Mulyana. 2006. Metode Penulisan Kualitatif. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.

Malayu S.P Hasibuan. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Fachruddin Andi. 2016. Manajemen Pertelevisian Modern. Yogyakarta : Cv. Andi Offset.

Irsad.Z. 2010. Analisis Marketing Mix (Product, Price, Promotion, Dan Place) Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pengguna Operator ESIA. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta(Dipublikasikan)

Ilham. 2014. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam bimbingan dan konseling agama islam. Jurnal Ilmu Dakwah, (Online), Vol. 13, No. 25, (http://journal.uii.ac.id/jurnal- komunikasi/article/viewFile/6471/5830.,diakses 25 september 2018)

Ita Suryani. 2014. Pemanfaatn Media Sosial Sebagai Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. Jurnal Komunikasi, (Online), Vol. 8, No. 2, (Http://openlibrary.telkomuniver sity.ac.id/pustaka/files/104124/ju rnal_eproc/pengaruh-social- media-marketing-melalui- instagram-terhadap-minat-beli- konsumen-sugar-tribe.pdf., diakses 28 september 2018)

Kotler , Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta : Indeks.

Kotler, 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Impelementasi dan Pengendalian . Jakarta : Salemba Empat.

Kristiana Widiawati S.Pd. M.M. 2015.

Impelementasi fungsi-fungsi manajemen pada PT Kurnia Bintang Sentosa (KBS) Bekasi. Jurnal Administrasi Kantor, (Online), Vol. III, No. 1, (https://www.neliti.com/id/public ations/234449/implementasi- fungsi-fungsi-manajemen-pada-

pt-kurnia-bintang-sentosa-kbs- bekasi., diakses 16 oktober 2018)

Lexy , Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakary

Lubiana Mileva, Achmad Fauzi DH. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, (Online), Vol. 58, No. 1, (http://administrasibisnis.studentj ournal.ub.ac.id/index.php/jab/arti cle/download/2421/2816.,diakses 16 oktober 2018)

Lubiana Mileva, Achmad Fauzi DH.2018. Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, (online), Vol. 58, No. 1, (http://administrasibisnis.studentj ournal.ub.ac.id/index.php/jab/arti cle/downlo ad/2421/2816., diakses 10 oktober 2018)

Muthia Ulfa. 2015. Strategi Manajemen Pemasaran Usaha Cake Melalui Sosial Media Instagram Pada Akun Cake By Amizaharau. Skripsi: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (Dipublikasikan)

Nimda. 1 Maret 2012. “Apa itu sosial media”. (Online), (http://www.unpas.ac.id/apa-itu- sosial-media.com/., diakses 7 september 2018).

Ni Luh Putu Ariesta Angga Dewi, I Wayan Mudiartha Utama. 2016. Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Mediasi Motivasi Kerja Pada Karya Mas Art Gallery. Jurnal Manajemen Unud, (online), Vol. 5, No. 9, (http://id.portalgaruda.org/article. php?article=458466&val=989., diakses 16 oktober 2018)

Prof. Dr. Thamrin Abdullah, M.M., M.Pd. dan Dr. Francis Tantri, S.E., M.M. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Rahmadi Radiany dan Andi Sularso.

Konsetrasi Pemasaran. Surabaya : Mahardika

Rachmat Kriyantono. 2007. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Predana Media Grup

Rifki Faisal Miftahul Zanah dan Jaka Sulaksana. 2016. Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal ilmu pertanian dan perternakan (Online) Vol. 4 No

, (http://jurnal.unma.ac.id/index.ph p/AG/article/download/419/398., di akses 25 september 2018)

Palahudin, Akasyah . 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Penggunaan Jasa GO-FOOD di Kota Bogor. Skripsi : Institut Pertanian Bogor

Sugiyono. 2013. Metode e Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Yusron Arif. 26 juni 2018. “Definisi Strategi”. (Online), (http://rocketmanajemen.com/def inisi-strategi.com/., diakses pada

september 2018)

Yusuf. 8 Agustus 2018. “Jurnal

Manajemen”. (Online), (http://jurnalmanajemen.com/pen gertianmanjemen.com/., diakses pada 7 september 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.