PENANGANAN TINDAK PIDANA TABRAK LARI DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MENINGGAL DUNIA DI TINGKAT PENYIDIKAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR PIDIE)

Devy Alya Pratama, Adi Hermansyah

Abstract


Pasal  312 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dn Angkutan Jalan menyebutkan “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang terlihat Kecelakaan Lalu Lintas dan dengan sengaja tidak menghentikan kendaraannya, tidak memberikan pertolongan, atau tidak melaporkan Kecelakaan Lalu Lintas kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat sebagaimana dimaksud dalam pasal 231 ayat (1) huruf a, huruf b, dan huruf c tanpa alasan yang patut dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp.75.000.000.00 (tujuh puluh lima juta rupiah)”, namun dalam prakteknya masih saja terdapat pelaku tindak pidana tabrak lari dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggal dunia. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penanganan yang dilakukan oleh penyidik adalah upaya represif, yaitu dengan memproses perkara tersebut dan juga dilakukannya upaya preventif , dengan meningkatkan sarana dan prasarana, serta menyiapkan Forum Peduli Laka Lantas. Sedangkan hambatan yang dialami oleh penyidik adalah adanya faktor eksternal, luasnya wilayah dan faktor internal, jumlah personil yang sedikit.

Full Text:

PDF

References


Amir Ilyas, Asas-Asas Hukum Pidana, Yogyakarta: Rangkan Education & PuKAP-Indonesia, 2012.

Bima Anggarasena, Strategi Penegakan Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas Dan MewujudkanMasyarakat Patuh Hukum, Tesis, Semarang: Magister Ilmu hukum Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, 2010.

Farouk Muhammad, Praktik Penegak Hukum (Bidang Lalu Lintas), Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

M Karjadi dan R. Soesilo, Kitab Undang-Undang Hukum Acara pidana dengan Penjelasan Resmi dan Komentar, Bogor: Politea, 2014.

Warpani S.P, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Bandung: ITB, 2002.

Wirjono Prodjodikoro, Asas-Asas Hukum Pidana di Indonesia, Jakarta: Pt. Refika Aditama, 2003.

AKP Radhika Angga, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Pidie (Kasat Lantas Kepolisian Resor Pidie), Wawancara Pribadi, Tanggal 12 Desember 2018.

Apitu Azwar Effendi, Kepala Unit Lalu Lintas Kepolisian Resor Pidie (Kanit Lantas Kepolisian Resor Pidie), Wawancara Pribadi, Tanggal 12 Desember 2018.

Bripda Syaifullah, Penyidik Laka Lantas Kepolisian Resor Pidie, Wawancara Pribadi, Tanggal 11 April 2019.

Bripda Fakrullah, Penyidik Laka Lantas Kepolisian Resor Pidie, Wawancara Pribadi, Tanggal 12 Desember 2018.

Ir. Darwin M.M., Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Pidie, Wawancara Pribadi, Tanggal 12 April 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Pidana

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM PIDANA 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumpidana@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6893 (ONLINE)