PENGARUH METODE PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SD NEGERI 40 BANDA ACEH
Abstract
Siswa sekolah dasar masih sangat erat hubungannya didalam dunia bermain, sedangkan belajar untuk siswa sekolah dasar sangat dituntut. Dalam proses belajar pada siswa sekolah dasar sangat bisa dihubungkan antara belajar dan bermain. Salahsatu alternatif yang dilakukan untuk dapat meningkattkan hasil belajar adalah dengan menerapkan metode permainan Ular Tangga, yaitu proses pembelajaran sambil bermain. Penelitian ini berupaya meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan penilain pada pembelajaran kurikulum 2013. Sehingga penelitian inikkah bertujuuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode permainan Ular Tangga terhadap hasil belajjar siswwa pada Subtema Orggan Tubuh Maanusia dan Hewwan di kelas Vb SD Negerii 40 Banda Aceh.
Pendekkatan yang akan diggunakandidalam penelitian ini kuanttitatif. Teknik pengolahan data digunakan uji-t. Jenis penelitian eksperimen semu atau Pre Experimental Designs dengan model One Grroup Pretest Posttest Design. Poppulasipada dalam peenelitian ini adalah kelas V SD Negeri 40 Banda Acehh yang terrdiri dari dua kelas yaitu Va 28 siswa dan Vb 26 siswa sehingga jumlah populasi adalah 54 siswa. Teknik untuk menngambill sampelnya adallah dengan Sampling Purposive. Sampel di dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa di kelas Vb. Teeknik pegumpulan data tersebut akan dilakukan denggan memberikan tes soal berbentuk choice berjumlah 25 butir pada subtema organ tubuh manusia dan hewan pembelajaran 2 dan pembelajaran 5.
Hasil penelitian menunjukkaaan bahwa pada taaaraf signnifikan α = 0,05 dan dk = n₁ + n₂ - 2 = 26 + 26 – 2 = 50 maka daftar dalam distribussi t dengan = sehingga diperolehkan = 1,67 karena ˃ , yaitu 12,4 ˃ 1,67. Dengan demikian ditolak dan H₁ diterima, sehingga metode permainan Ular Tangga yang diajarkan subtema organ tubuh manusia dan hewan pembelajaran 2 dan pembelajaran 5 di kelas Vb dapat mempengaruhi haasil belajar peserta diddik ini. Dengan demiikian dapat disimpulkan bahwasannya penerapan metode permainan Ular Tangga ini berpengaruh terhadap hasiil belajjar siswanya pada subtema orgganan tubuh manusiia dan hewan dii kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh.Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful. 2000. Psikologi Belajar. Bnjarmasin : PT. Rineka Cipta.
Hadis, Abdul dan Nurhayati. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persabda.
Sanjaya, H. Wina. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana Prenadamedia Group.
Sudjana Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yumarlin, MZ. 2013. Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, (Online), Jilid 4, No. 3, (10-Revisi-YUMARLIN-22-8-13.pdf, diakses 13 Januari 2018).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.