KENDALA-KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 7 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE
Abstract
Implementasi Kurikulum 2013 menuntut guru untuk mengorganisasikan pembelajaran secara efektif. Ada lima hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pengorganisasian pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013, yaitu pelaksanaan pembelajaran, pengadaan dan tenaga ahli, pendayagunaan lingkungan dan sumber daya masyarakat, serta pengembangan dan penataan kebijakan. Penelitian ini melihat kendala-kendala dan usaha guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Adapun tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala-kendala dan mengetahui usaha guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Subjek dari penelitian adalah seluruh guru kelas SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue yang berjumlah 6 orang. Data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu kumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala-kendala guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue yaitu mengalami kendala berbeda-beda seperti minimnya buku panduan guru dan siswa, sulitnya menyesuaikan metode pembelajaran, kurangnya penguasaan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, minimnya waktu dalam proses belajar mengajar, kurangnya pembinaan dari dinas pendidikan dalam kurikulum 2013. Sehingga guru hanya mampu mengikuti jadwal yang di berikan oleh pihak sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2013 . Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, 2016. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta : Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamalik, Omar. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat Sholeh. 2015. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Kurnianingtyas Lorentya Yulianti, Dkk 2012. Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik jigsaw. Yokyakarta: Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia.
Mulyasa, 2016. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Roosdakarya.
Nasution, S. 2009. Asas- Asas Kurikulum. Jakarta : PT Bumi Aksara
Noor, Juliansyah. 2013. Metode penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Permendikbud, Nomor 103 Tahun 2004. Tentang Komponen dan Sistematika Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintiifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajara. Bandung : Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
, 2012. Metode penelitian pendidikan ( pendekatan kantitatif. Kualitatif. Dan R & D ). Bandung: Alfabeta.
, 2016. Pemahaman Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, CV.
Sulianti Ni Ketut, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran I. Sulawesih Tengah: Jurnal Kreatif Tadulako Online.
Sukardi, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi
Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syaukani, Dkk. 2004. Otonomi Daerah Kesatuan. Yokyakarta: Yogya Pustaka.
Usman, Nurdin. 2004. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.