UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH
Abstract
Pendidikan pramuka salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang hadir sebagai wahana dalam pembentukan karakter siswa, namun banyak kejadian yang terlihat tentang kurang baiknya karakter dan moral peserta didik di lingkungan sekolah seperti tidak mengikuti latihan pramuka, mengganggu teman ketika latihan, tidak bertanggung jawab, kurang disiplin dan kurangnya pengetahuan tentang pentingya pendidikan karakter. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan “Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh”. Bagaimanakah upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka. tujuan mengetahui upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh.
Yang menjadi subjek adalah siswa-siswa dan guru yang mengikuti kepramukaan di SD Negeri 20 Banda Aceh, terdiri dari 2 orang Pembina pramuka dan 15 anggota pramuka yang diambil secara purposive.
Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan pengamatan lansung dan tanya jawab. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahapan, pengumpulan data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pengumpulan data, ditemukan pembina pramuka melakukan upaya tertentu dalam membentuk karakter siswa diantaranya yaitu dengan cara mengadakan kegiatan latihan rutin setiap hari sabtu, mengajarkan berbagai permainan yang menarik dan menyenangkan kemudian melaksanakan kegiatan perkemahan setiap semester. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa upaya yang dilaksanakan pembina pramuka sudah baik yaitu dengan pembiasaan, pemberian contoh teladan, penugasan dan nasehat-nasehat.
Full Text:
PDFReferences
Afifuddin, Agus. 2014. ”Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gerakan PramukaDiGugusdepan”,(online),(http://www.academia.edu/11363707/catatan_Hari_Pramuka)
Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Asdi Mahasatya
Azwar, Azrul. 2012. Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta: Esensi.
Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Arruz Media.
FKIP Unsyiah.2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Gunawan, Imam. 2013. Metode penelitian kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Hudiyono.2012. Membangun Karakter Siswa Melalui Professional Guru Dan Gerakan Pramuka. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Kansil, dan Christine Kansil. 2011. Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakarta : Rineka Cipta
Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Krakter Strstegi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Kompas Gramedia
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.
Novia, Khairul S. 2013. Buku Pintar Pramuka Super Lengkap. Jakarta: Pustaka Widyatama
Santoso, Lukman.2014. Panduan Terlengkap Pramuka. Jogjakarta: Buku Biru.
Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak Di Sekolah, Madrasah, Dan Rumah. Jakarta: as@-prima
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunardi, bob andri. 2014. Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda.
Suryabrata, sumadi. 2014. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Wiyani, Novan Ardi. 2012. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Arruz Media.
Woro, Sri dan Marzuki. 2016. Peran Kegiatan Eksrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, (Online),Tahun VI , No 1, (journal.uny.ac.id., diakses April 2016).
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.