KENDALA GURU MEMANFAATKAN MEDIA IT DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 1 PAGAR AIR ACEH BESAR
Abstract
Perkembangan teknologi dewasa ini semakin pesat. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan dapat membantu dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru di SDN 1 Pagar Air, beberapa guru mengaku masih kurang mampu menggunakan media IT dan kurang mengetahui manfaat apa saja yang terdapat dalam penggunaan teknologi. Tujuan dalam pengkajian ini untuk mendeskripsikan apa saja kendala guru menggunakan media IT dalam pembelajaran di SDN 1 Pagar Air. Rumusan masalah dalam pengkajian ini ialah apa hambatan yang ditemukan pendidik untuk menggunakan media IT dalam pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. manfaat dari pengkajian ini yaitu memberikan gambaran tentang hambatan yang ditemui guru dalam memanfaatkan IT sebagai media pembelajaran di SDN 1 Pagar Air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisnya yaitu deskriptif. Teknik pengambilan data dalam pengkajian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara. analisis data dalam pengkajian ini menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek pengkajian ini terdiri atas 6 pengajar yaitu guru kelas I s/d VI. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 16 Agustus 2017 di SDN 1 Pagar Air.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kendala guru memanfaatkan IT sebagai berikut. Pertama, kurangnya pengetahuan guru tentang media IT. Kedua, Arus listrik dan wifi di sekolah tidak normal. Ketiga, tidak adanya kewajiban dari pihak sekolah agar guru mengajar menggunakan IT. Simpulan penelitian ini yaitu guru masih mengalami kendala dalam mengoperasikan IT sebagai media pembelajaran diantaranya yaitu kurangnya pengetahuan guru tentang IT, kurangnya fasilitas IT yang tersedia di sekolah, arus listrik di sekolah tidak normal, internet tidak dapat menjangkau ke seluruh kelas, serta tidak adanya kewajiban dari pihak sekolah agar guru yang mengajar harus menggunakan IT. Disarankan kepada warga sekolah agar mampu mengembangkan pengadaan bimbingan mengenai IT dapat memalui pelatihan, lokakarya, dan seminar sehingga beberapa hambatan dalam pemanfaatan IT sebagai media pembelajaran mampu dilaksanakan.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. ¬Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Djufri dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.
Humaira, Faiza. 2016. Kendala-kendala yang Dihadapi Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di SDN 10 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2.
Kadir, Abdul dan Terra Ch. Triwahyuni. 2008. Pengenalan Teknologi Informasi.
Yogyakarta: Andi.
Maryono, dan Istiana B. Patmi (Ed.) 2008. Teknologi Informasi & Komunikasi SMP Kelas VII. Bogor: Quadra.
Mulyana A.Z. 2010. Rahasia menjadi Guru Hebat (Memotivasi Diri Menjadi Guru Luar Biasa). Jakarta: Grasindo.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Mustafa, Zainal. 2013. Mengurai Variabel hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nasution. 2011. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-learning. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Rahmita, Cut Yusi. 2016. Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Informasi dan Teknologi (IT) sebagai Media dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan PKK Unsyiah.
Republik Indonesia. 2005. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2007. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Sekretariat Negara. Jakarta.
Rusyan, H.A. Tabrani (Ed.) 2014. Membangun Guru Berkualitas. Jakarta: PT. Pustaka Dinamika.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sembiring, M. Gorky. 2009. Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta: Best Publisher.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Predana Media Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umar. 2013. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pendidikan. Jurnal Tarbawiyah. Volume 10, Nomor 2.
Uno, Hamzah dan Nina Lamattenggo. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yuprianti, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Kongkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 3, No. 1, Hlm. 1-10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.