HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH
Abstract
Gaya belajar adalah salah satu cara bagaimana menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Sehingga dengan mengetahui adanya gaya belajar pada diri siswa, maka dapat membantu dirinya sendiri dalam belajar lebih cepat dan lebih mudah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adakah hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi product moment. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V SD negeri 29 Banda Aceh yang terdiridari 2 kelas yaitu VA dan VB. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket tentang gaya belajar dan dokumentasi hasil belajar siswa. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment, regresi linear berganda dan koefisien korelasi berganda, pada taraf signifikan 5% dan n=51. Berdasarkan hasil penelitian analisis data diperolehr hitung = (0,455) > dari r tabel dengan n=51 (0,279) atau nilai sig 0,012 <α (0,05) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual, audiotorial, dan kinestetik dengan hasil belajar siswa (Y) pada kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aruan, Parlindungan. 2014. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Suatu Penelitian Pada Siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Banda Aceh). Diakses dari http://etd.unsyiah.ac.id pada tanggal 2 Mei 2016.
Budiningsih, C Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar (Ed.) 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2005. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaiffa.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaiffa.
Djufri dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.
Dwi Prasetya, Fajar. 2012. Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar Mata diklat listrik otomotif siswa kelas xi teknik Perbaikan bodi otomotif smkn 2 depok sleman. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id pada tanggal 11 April 2016.
Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.
Santosa, Purbayu Budi. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Andi.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2012. Analisis Validitas & Asumsi Klasik. Yogyakarta: Gava Media
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.