KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH

Warzatun Riza, Alfiati Syafrina, Mislinawati. Mislinawati.

Abstract


Peningkatanpemahaman isi pelajaran menuntut pesertadidik banyak berlatih mengenai pemahaman materi, Keberhasilan dalam pembelajaran biasanya diukur dari pesertadidik dalam memahami materi yang dipelajari. Semakin banyak pesertadidik yang dapat mencapai tingkat pemahaman materi,  maka semakin tinggi keberhasilan dari pelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 51 Banda Aceh dengan sabjek penelitian berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal pilihan ganda, data yang diperoleh dari hasil tes kemudian dianalisis menggunakan table kategori kemampuan siswa, kemudian untuk menetukan presentase dengan menggunakan rumus presentase.

 Berdasarkan hasil analisis data kemampuan peserta didik dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1(satu) berada pada kategori baik dengan persentase 56,7%. Dengan melihat nilai KKM yang telah ditetapkan di SD Negeri 51 Banda Aceh yaitu 60, maka dari 30 peserta didik yang mengikuti tes, 25 peserta didik yang mencapai KKM dengan persentase 83,3%. Secara klasikal atau keseluruhan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan memahami materi adalah 69,2 berada pada kategori baik. Dapat disimpulkan kemampun siswa dalam memahami materi pada tema peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh berada pada kategori baik atau tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan kesimpulan, proses belajar merupakan hal yang sangat penting, kenyataannya banyak pesertadidik sudah mampu belajar dengan baik, oleh karena itu strategi mengajar yang disusun oleh guru haruslah menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar pesertadidik.

 


Full Text:

PDF

References


Afriki.2013. buku guru peduli Terhadap MakhlukHidup. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto,Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PTBumi Aksara.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, Jakarta.

Djufri, dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Masyitah. 2012. “Kemampuan siswa dalam memahami materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: FKIP PGSD Unssyiah.

Mustakim Burhan dan astutiary. 2008. Ayo BelajarMatematika. Jakarta: Pusat Pembukuan. Departemen Pendidikan Nasional

Rositawatydan Aria, M. 2008. Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajara. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyanto, Heri & Wiyono.2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Pembukuan departemen Pendidikan Nasional.

Sukmanita, Syaodih, Nana. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.2014.MetodePenelitianPendidikan, PendekatanKuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sudijono.Anas 2010.PengantarStatistikPendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sumidi, dkk. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.