PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH

Syahrina Dahirah, Rosma Ely, Awaluddin. Awaluddin.

Abstract


Kurangnya kedisiplinan siswa menyebabkan banyak siswa yang melanggar aturan sekolah. Salah satu upaya untuk mendisiplinkan siswa adalah dengan menerapkan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini berupaya mengungkapkan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa di SD Negeri 10 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswadi SD Negeri 10 Banda Aceh. Hipotesis penelitian yakni terdapat pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa di SD Negeri 10 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 10 Banda Aceh dengan sampel sebanyak 55 siswa. Populasi diambil dari kelas V, yaitu kelas VA dan VB. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing-masing variabel dengan menggunakan skala likert. Uji reliabilitas dan uji prasyarat analisis menggunakan SPSS 20.0. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa di kelas V SD Negeri 10 Banda Aceh. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa diperoleh nilai korelasi 0,405 > 0,2656 dan signifikan 0,002 < 0,005. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohamad. 2013. Inovasi Pembelajaran dalam Bingkai Pedagogi Humanis Religius. Surakarta: Gubug Aksara

Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2004. Kegiatan Ekstrakurikuler PAI pada Sekolah Umum dan Madrasah. Jakarta: Depag RI

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Depdiknas

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 (Standar Nasional Pendidikan). Jakarta: Depdiknas

. 2008. Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 (Pembinaan Kesiswaan). Jakarta: Depdiknas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.

Kurniasih, Imas dan Berlin, Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Yogyakarta: Kata Pena.

Nuh, Muhammad. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta:KEMENDIKBUD

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom

, Dwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20 (Edisi Kesatu). Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, Andri Bob. 2006. Boyman Ragam Latihan Pramuka (Edisi keempat). Bandung: Nuansa Muda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.