KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH

Raiysa Pratiwi Putri, Suid. Suid., M.Nasir Yusuf. M.Nasir Yusuf.

Abstract


Dalam mengajarkan materi yang berkaitan dengan lingkungan, guru dapat mengupayakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimanakah kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri 29 Banda Aceh? Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri 29 Banda Aceh.

Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu kejadian pada saat sekarang. Data penelitian ini bersumber dari wawancara dengan 6 orang guru SD Negeri 29 Banda Aceh yang terdiri dari 2 guru kelas IV, 2 guru kelas V, dan 2 guru kelas VI. Sumber data juga didapatkan dari hasil observasi lingkungan sekitar sekolah.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Pada teknik wawancara peneliti menggunakan alat bantu perekam berupa media eletronik tape recorder. Dan pada observasi, peneliti bertindak sebagai pengamat penuh tanpa terlibat dalam interaksi belajar-mengajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) serta menarik kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil analisis data, temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru di Sekolah Dasar Negeri 29  Banda Aceh belum maksimal, karena hanya sebagian guru kelas yang memanfaatkan lingkungan didalam pembelajaran. Sedangkan sebagian guru lainnya tidak memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di dalam proses pembelajaran dan hanya menggunakan buku dan gambar visual sebagai sumber belajar.


Full Text:

PDF

References


Ardian, 2003. Penggunaa Media Pembelajaran. http://ekohs.wordpress.com/200909/01/lingkungan-sebagai-sumber-dan-media-pembelajaran

Asmani, Ma’mur Jamal (Eds.) 2011. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: DIVA Press

Asnawir dan Basyaruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers

Djufri dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyasa, E 2008. Kurikulum Berbasis Kompetens. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Mustafa, Zainal. 2013. Mengurai Variabel hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Resolusi Rijal, 2011. http://resolusirijal.blogspot.com/2011/10/lingkungan-riil-media-belajar-biologi.html

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Ruswandi, Uus dan Badruddin. 2008. media Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Warsita, Bambang. 2008. Tekhnologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.