KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 29 BANDA ACEH
Abstract
Dalam mengajarkan materi yang berkaitan dengan lingkungan, guru dapat mengupayakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimanakah kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri 29 Banda Aceh? Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri 29 Banda Aceh.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu kejadian pada saat sekarang. Data penelitian ini bersumber dari wawancara dengan 6 orang guru SD Negeri 29 Banda Aceh yang terdiri dari 2 guru kelas IV, 2 guru kelas V, dan 2 guru kelas VI. Sumber data juga didapatkan dari hasil observasi lingkungan sekitar sekolah.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Pada teknik wawancara peneliti menggunakan alat bantu perekam berupa media eletronik tape recorder. Dan pada observasi, peneliti bertindak sebagai pengamat penuh tanpa terlibat dalam interaksi belajar-mengajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) serta menarik kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data, temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru di Sekolah Dasar Negeri 29 Banda Aceh belum maksimal, karena hanya sebagian guru kelas yang memanfaatkan lingkungan didalam pembelajaran. Sedangkan sebagian guru lainnya tidak memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di dalam proses pembelajaran dan hanya menggunakan buku dan gambar visual sebagai sumber belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ardian, 2003. Penggunaa Media Pembelajaran. http://ekohs.wordpress.com/200909/01/lingkungan-sebagai-sumber-dan-media-pembelajaran
Asmani, Ma’mur Jamal (Eds.) 2011. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: DIVA Press
Asnawir dan Basyaruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers
Djufri dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Mulyasa, E 2008. Kurikulum Berbasis Kompetens. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Mustafa, Zainal. 2013. Mengurai Variabel hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Resolusi Rijal, 2011. http://resolusirijal.blogspot.com/2011/10/lingkungan-riil-media-belajar-biologi.html
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Ruswandi, Uus dan Badruddin. 2008. media Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Warsita, Bambang. 2008. Tekhnologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.