PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN RUMAH SISWA DAN TANPA MEDIA LINGKUNGAN RUMAH SISWA DI KELAS V SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR

Rasmianti. Rasmianti., Bukhari. Bukhari., M. Yamin. M. Yamin.

Abstract


Penelitian ini berjudul “Perbedaan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Lingkungan Rumah Siswa Dan Tanpa Media Lingkungan Rumah Siswa Di Kelas V Sd Negeri Lamreung Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media lingkungan rumah dengan siswa yang tidak menggunakan media lingkungan rumah dalam mengarang deskripsi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V pada SD Negeri Lamreung Aceh Besar yang berjumlah 48 orang yang terdiri dari masing-masing 2 kelas paralel yaitu kelas Va berjumlah 24 siswa dimana laki-laki 9 siswa, perempuan 15 siswa. dan Vb berjumlah 24 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.

Teknik pengumpulan data menggunakan tes tidak menggunakan media lingkungan rumah dan tes menggunakan media lingkungan rumah. Tes digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui hasil yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah pemberian tindakan. ternyata , yaitu >1,68, maka hipotesis ditolak dan hipotesis  diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai tes siswa yang berasal dari kelas Va dan Vb. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan media lingkungan rumah dan tidak menggunakan media lingkungan rumah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari rata-rata nilai tes yang mengalami peningkatan yang signifikan dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media lingkungan rumah. Oleh sebab itu, penulis sarankan bahwa mengarang deskripsi dengan menggunakan media lingkungan rumah lebih efektif diterapkan, karena akan lebih memudahkan siswa dalam mengarang..

 


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: DEPDIKNAS.

Ari, Wijayanti. 2006.kemampuan grup dan dan penggunaan media.Bandung:UPI

Arikunto, suharsimi, 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan teori dan praktek,

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa (membaca dan menulis). Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalyono, M. 2015 Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hardjoprawiro.2005.Pengajaran Keterampilan Berbahasa.Jakarta:Debdikbud.

Hasnun, Anwar. 2006. Menulis untuk siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi

Junus, Andi Muhammad. 2002. Keterampilan Menulis. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende: Nusa Indah.

Sutrisno, dkk. 2012. Pengenalan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar anak usia dini. Jakarta: Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Mariyana, Rita dkk. 2013. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munadi. 2008. Belajar Mengarang dari Narasi Hingga Argumentasi. Surabaya: Erlangga

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Neolaka, Amos. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, burhan. 2005. Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurjamal, Daeng dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arif S dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santoso, Puji. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Semi, M. Atar. 2003. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Setiadi, Elly M. Dkk. 2006. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.