KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KONJUNGSI DALAM WACANA DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH

Rahmi Arianti, Adnan. Adnan., M. Yamin. M. Yamin.

Abstract


Pengajaran konjungsi diperlukan oleh siswa guna memperluas cara berpikir dan mempertajam pemahaman terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini berjudul “kemampuan menggunakan konjungsi dalam wacana deskripsi siswa kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menggunakan konjungsi dalam wacana deskripsi siswa kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh? Secara khusus penelitian ini bertujun untuk mengetahui kemampuan menggunakan konjungsi dalam wacana deskripsi siswa kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa, penentuan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik total sampling karena populasinya kurang dari 100 yaitu sampelnya 32 siswa.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan instrumen tes. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh dalam menggunakan konjungsi wacana deskripsi adalah 72,12. Berdasarkan kategori nilai yang menjadi acuan penelitian ini, nilai rata-rata 72,12 termasuk ke dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh dalam menggunakan konjungsi dalam wacana deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia memiliki tingkat kemampuan yang baik.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2009. Psikolingustik: Kajian Teoretik. Cetakan II. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses).Cetakan I. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2006.Tata Bahasa praktis bahasa Indonesia.cetakan II. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusumaningsih, Dewi. Dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Muslich, Masnur. 2010. Tata Bentuk Bahasa Indonesia Kajian ke Arah Tata Bahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahardi Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Cetakan I. Jakarta: Erlangga

Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Edisi II. Cetakan I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana. Cetakan I. Jakarta : Yrama Widya.

Sudijono, Anas. 2005. Pengatar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugono. Dendry. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Badan Pengembangan dan pembinaan Bahasa Kemendikbud.

Sujanto. 2002. Keterampilan berbahasa, membaca, menulis, berbicara. Jakarta: Tarsito.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta : Bumi Akasara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.