PENERAPAN KEGIATAN MANAJEMEN KELAS OLEH GURU DI KELAS IV SD NEGERI LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR

Nuzul Wahyu Wulan dari, M.Husin Affan. M. Husian Affan, Nurmasyitah. Nurmasyitah.

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses yang panjang dan berlangsung secara terus menerus. Untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan tersebut guru perlu menerapkan kegiatan manajemen kelas. Penelitian ini mengangkat masalah “Bagaimana Penerapan Kegiatan Manajemen Kelas Oleh Guru di Kelas IV SD Negeri Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kegiatan manajemen kelas oleh guru di kelas IV SD Negeri Lamreung Kecamatan Krueng Barona Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yang berjumlah 3 orang  guru kelas IV di SD Negeri Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara yang dibantu dengan menggunakan alat bantu berupa perekam suara. Untuk mengolah data menggunakan rumus deskriptif persentase. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa seluruh guru kelas IV di SD Negeri Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar sudah terlihat dalam melaksanakan penerapan manajemen kelas. Guru kelas memiliki beberapa kegiatan inti yang dapat diterapkan dalam manajemen kelas diantaranya, menciptakan iklim belajar yang kondusif dengan perolehan persentase sebesar 100%, mengatur ruang belajar dengan perolehan persentase sebesar 100%, dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar dengan perolehan persentase sebesar 100%.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fkip Unsyiah. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKip Unsyiah.

Purwanti, Dheni.2015. Manajemen Kelas di Kelas V SDN Se – Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, FIP: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Manajemen Kelas: Teori dan aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahya, dkk. 2013. Kamus Ilmiah dan Populer Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang Kata.

Yamin, Martinis. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.