IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 33 BANDA ACEH
Abstract
Dalam konteks pembelajaran dikelas, Guru sebagai pendidik ataupun pengajar merupakan faktor penentu keberhasilan pembelajaran, guru harus mampu menggunakan teknik motivasi siswa dalam pembelajaran guna meningkatkan keberhasilan belajar. Penelitian ini mengungkapkan apa saja implementasi teknik motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik motivasi oleh guru pada siswa kelas IV di SD Negeri 33 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian guru kelas IV a dan guru kelas IV b Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Agar data hasil observasi dan wawancara dapat terpercaya, peneliti menggunakan alat bantu berupa alat tulis dan tape recorder.
Berdasarkan pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan temuan penelitian ini sebagai berikut. Sudah telihat beberapa implementasi teknik motivasi yang diberikan oleh guru pada siswa kelas IV a dan IV b di SD Negeri 33 Banda Aceh, Meskipun dari 15 (lima belas) teknik tersebut ada salah satu teknik yang tidak terlihat dan dijalankan dalam implementasi yaitu memberitahukan nilai ulangan sebagai pemicu keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah implementasi teknik-teknik motivasi sangat diperlukan dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Hendaknya guru di sekolah mengimplementasikan teknik motivasi tersebut. Hal ini dapat meningkatkan semangat serta siswa menjadi aktif dalam belajar, guru yang sudah terlihat adanya implementasi teknik motivasi seyogianya mempertahankan hal tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dkk. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah , Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
----------, 2005. Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irham, Muhammad dan Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Istarani dan Intan pulungan. 2015. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan.Jogjakarta: Teras
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumanto. 2014. Psikologi Umum.Yogyakarta: CAPS
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan. Bandung: Rosda.
Uno B., Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24815/primary.v2i4.4390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.