The Influence of the Show and Tell Method on the Speaking Skills of Class IV Students at SD Negeri 2 Puja Mulia, Bener Meriah Regency

Nabilah Nabilah, Aida Fitri, M. Yamin, Hasniyati Hasniyati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Puja Mulia. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan yang harus dilatih untuk dapat ditingkatkan karena dalam proses pembelajaran  tidak lepas dari interaksi antara siswa dan guru serta siswa dan siswa. Namun, pada kenyataannya masih terdapat siswa yang tidak dapat mengemukakan pendapat maupun bercerita di depan kelas. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Puja Mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Pre Experimental dengan desain  One Group Pretest Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Puja Mulia dengan jumlah siswa adalah 60 orang siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVA dengan jumlah siswa 30 orang siswa, melalui teknik pengambilan sampel Porpusive Sampling dari 2 kelas yang tersedia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Software SPSS versi 24 dan pengujian hipotesis uji paired sample T–test. Hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sample T–test diperoleh nilai signifikansi (2–tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Puja Mulia.

Kata Kunci: Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara

Abstract

This study entitled The Effect of the Show and Tell Method on the Speaking Skills of Grade IV Students at SD Negeri 2 Puja Mulia. Speaking skill is an ability that must be trained to be improved because in the learning process it cannot be separated from the interaction between students and teachers as well as students and students. However, in reality there are still students who cannot express opinions or tell stories in front of the class. So this study aims to analyze how the show and tell method influences the speaking skills of fourth grade students at SD Negeri 2 Puja Mulia. This study uses a quantitative approach to the Pre-Experimental type with the One Group Pretest Posttest design. The population in this study were all fourth grade students at SD Negeri 2 Puja Mulia with a total of 60 students. The sample in this study was class IVA with a total of 30 students, using the Porpusive Sampling technique from the 2 available classes. Data collection techniques using tests in the form of pretest and posttest. The data analysis technique in this study used SPSS software version 24 and tested the paired sample T-test hypothesis. The results of testing the hypothesis with the paired sample T-test obtained a significance value (2-tailed) of 0.000 <0.05. Then the decision-making criteria are Ha accepted and H0 rejected. Based on this, it can be concluded that there is a significant influence from the application of the show and tell method on the speaking skills of grade IV students at SD Negeri 2 Puja Mulia.

Keywords: Show and Tell Method, Speaking Skills


Full Text:

PDF

References


Arviani dan khusnul. (2018). Keefektifan Model Show and tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Negeri Babalan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI.

Atmasari, Juma dkk. (2021). Implementasi Metode Show and tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Edumaspul, 5 (2), Year 2021 – 186.

Bangun, Betty Kasita. (2018). ‘Improving Students’ Speaking Skill By Using Show and tell Method: A Classroom Action Research. International Journal of Language Teaching and Education.

Bukhari dkk. (2019). Keterampilan Berbahasa (Menyimak dan Berbicara). Yogyakarta: Nuha Medika.

Dananjaya, Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif . Bandung: Nuansa Cendekia.

Delvia dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 3 No 4 November Tahun 2019 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147.

Dewi, Pridayanti Mega Utami dan Heru Subrata. (2021). Penggunaan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Depan Umum Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD. Volume 9 Nomor 8 Tahun 2021, 2983-2992.

Hilaliyah, Tatu. (2017). Tes Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Membaca bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2 Nomor 1 April 2017.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2011). Show And Tell Edukatif Untuk Pengembangan Empati,Afiliasi-Resolusi Konflik, Dan Kebiasaan Positif Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, Volume 41, Nomor 2, November 2011, Halaman 129 – 143.

Nupus, Maya Hayatun dan Desak Putu Parmiti. (2017). Peningkatan Keterampilan berbicara melalui penerapan metode show and tell siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (4) pp.198 – 203.

Rahman dkk. (2020). Menyimak dan Berbicara, Teori dan Praktik. Bandung: Alqaprint Jatinangor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.