pengaruh media pop up terhadap hasil belajar peserta didik pada subtema 3 ayo cintai lingkungan di kelas iv sd negeri 1 lut tawar kabupaten aceh tengah

Aidina Rizki, suci fitriani, mona wati

Abstract


 

ABSTRACT

Rizki, Aidina. 2022. The Influence of Pop Up Media Towards Students’ Learning Outcome on Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan at Fourth-Grade Elementary School Number 1 Lut Tawar, Central Aceh. Script, Primary School Teachers’ Training and Education Department, Teaching and Education Faculty, Syiah Kuala University.

(1)    Dra. Monawati, M.Pd                                                 (2) Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd

Keywords: Pop Up Media, Learning’s Outcome, Science subjects.

Learning science needs a media that attract students in achieving learning objectives. In enhancing student’s learning outcome on Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan, it needs an effective media to be applied in the classroom. The media that has been designed by researcher that is pop-up media. The research question for this study was “ Is there any the significant influence in applying pop-up media towards students’ learning outcome on topic Ayo Cintai Lingkungan at fourth-grade elementary school number 1 Lut Tawar, Central Aceh ?”. This research aims to determine the influence of pop-up media towards students’ learning outcome on topic Ayo Cintai Lingkungan at fourth-grade elementary school number 1 Lut Tawar, Central Aceh.

                This research approach was Quantitative with a quasi- experimental design. This study was conducted at fourth-grade elementary school number 1 Lut Tawar, Central Aceh. The sample was taken by total sampling; the researcher took 30 students from grade four as the sample. The technique of data collection used test, which was pre-test and post-test, and hypothesis test used t-test.

                The data calculation result showed that the average score of student’s post-test in grade four was higher than the pre-test score, which was 85 > 61. Then, the result of t-test was also showed that the score of t-hitung 12.66 which higher than t-table 1.70. Thus, we can concluded that there is a significant influence by applying pop-up media towards students’ learning outcome on topic Ayo Cintai Lingkungan at fourth-grade elementary school number 1 Lut Tawar, Central Aceh. In other words, learning material which was thought by using pop-up media enhance the student’s learning outcome better than the students which did not use the media in teaching-learning process.

 

ABSTRAK

 

Rizki, Aidina. 2022. Pengaruh Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan di Kelas IV SD Negeri 1 Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

 

(1)    Dra. Monawati, M.Pd                                    (2) Suci Fitriani, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: Media Pop Up, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

 

Pembelajaran IPA membutuhkan sebuah media yang menarik siswa sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan, diperlukan sebuah media yang efektif untuk digunakan. Adapun media yang dirancang oleh peneliti yaitu media pop-up. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan media pop-up terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Ayo Cintai Lingkungan di kelas IV SD Negeri 1 Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up terhadap hasil belajar siswa pada materi ayo cintai lingkungan di kelas IV SD Negeri 1 Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah.

Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasi Eksperimen Design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Sampel diambil secara total sampling, peneliti mengambil sampel yaitu siswa kelas IV sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pre-test dan post-test, dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t.

  Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil post-test kelas IV lebih tinggi  dibandingkan hasil pre-test, yaitu 85 > 61. Dan hasil uji-t juga menunjukkan nilai t-hitung sebesar 12.66 lebih besar bila dibandingkan dengan t-tabel sebesar 1.70. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pop-up terhadap hasil belajar peserta didik pada Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan Di Kelas IV SD Negeri 1 Lut Tawar. Dengan kata lain, materi pembelajaran yang diajarkan dengan menggunakan media pop-up memiliki peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan  menggunakan media lainnya.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fazariya, Nurlaely (2016) Pengembangan media pop-up book pada pembelajaran subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN Bulukerto 02 Batu / Nurlaely Fazariya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Giyanti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Peserta Didik Tunarungu SMP-LB Pada Materi Gerak dan Gaya. Universita Islam Negeri Raden Intan. Skripsi.

Van Dyk, Stephen. 2011. Paper Engineering: Fold, Pull, Pop, and Turn. DC: The Smithsonian Libraries Exhibition Gallery, Wasington.


Refbacks





Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.