PERBEDAAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR

Catur Sintia Dewi, Bukhari Bukhari, Awaluddin Awaluddin

Abstract


Pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar diterapkan pembelajaran literasi seperti membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Semakin banyak membaca semakin meningkat pula pengetahuan kosakatanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dengan SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar.

          Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif.Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh siswa SD Negeri 54 Banda Aceh berjumlah 30 dan siswa SD Negeri Lampeuneurut berjumlah 30. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal (30 butir pilihan berganda).Analisis data dengan menggunakan Uji-t dua pihak, diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung< ttabel atau thitung  = 0,84 < ttabel = 2,04 dengan taraf signifikan  α = 0,05 dan dk = 29, maka Ho diterima dan Ha ditolak, yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dengan SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bukhari dan Adnan. 2016. Literasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Parama Publishing.

Chaer, Abdul. 2002. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2003. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahanum, Evi. 2015. Skripsi: Pengaruh Kosakata Gayo Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa SDN 2 Lampahan Bener Meriah. Banda Aceh: Universitas Syaiah Kuala

Emzir (Ed). 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.