Upaya Guru dalam Menerapkan Karakter Cinta Damai pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh

Arifa Rizki Halim, Mislinawati Mislinawati, awaluddin Awaluddin

Abstract


Pendidikan karakter sejak usia dini merupakan bagian yang paling penting untuk membentuk karakter seseorang. Untuk mencegah siswa melakukan tindak kekerasan dan kerusuhan, maka guru akan menerapkan karakter cinta damai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam menerapkan karakter cinta damai di Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang digunakan guru dalam menerapkan karakter cinta damai di Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh. Pendekatan yang dilakukan selama penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebanyak 7 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dengan partisipasi terbatas dan wawancara mendalam. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter cinta damai di Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh dilakukan dengan cara (1) Guru menunjukkan keteladanan yang baik yang dapat diteladani oleh siswa (2) Guru melaksanakan pembelajaran yang menerapkan karakter cinta damai yang meliputi suasana kelas yang nyaman, tenteram dan harmonis, anti kekerasan, tidak bias gender, dan peduli terhadap sesama. (3) Lingkungan sekolah yang cinta damai yang dilaksanakan melalui kegiatan di sekolah. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan karakter cinta damai di Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh sudah sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Affiyatun, Ummu. 2015. Pengembangan Nilai Cinta Damai untuk Mencegah Bullying di Sekolah dalam Rangka Membentuk Karakter Kewarganegaraan (Studi Kasus Di SMA Kecamatan Gemolong). PKn Progresif, Vol 10 (1) : 106-107)

Chaer, Moh. Thoriqul. 2016. Islam dan Pendidikan Cinta Damai. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 (1) : 77-78.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Sani, Ridwan Abdullah. 2018. Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Elementary Education Research

Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.