KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SDN 1 ALUE DUA KECAMATAN LANGSA BARO
Abstract
Kemampuan membaca merupakan salah satu standar kemampuan dalam bahasa dan sastra Indonesia yang harus dicapai pada semua jenjang pendidikan, termasuk di jenjang SD. Melalui kemampuan membaca siswa diharapkan mampu membaca dan memahami teks bacaan dengan kecepatan yang memadai. Dengan membaca bagaikan membuka jendela dunia dengan membaca akan memperoleh berbagai pengetahuan dan informasi, karena semakin banyak membaca maka semakin banyak pula hal yang diketahui, sehingga untuk membantu dan untuk mempermudahkan mengetahui segala sesuatu, salah satu cara adalah melalui kegiatan membaca.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca cepat pada siswa kelas V SDN 1 Alue Dua Kecamatan Langsa Baro. Hipotesis Penelitian ini adalah Tidak ada kemampuan membaca cepat siswa kelas V SDN 1 Alue Dua Kecamatan Langsa Baro, Ada Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V SDN 1 Alue Dua Kecamatan Langsa Baro.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas V SDN 1 Alue Dua Kecamatan Langsa Baro berjumlah 55 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan post tes, kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari 55 siswa, yang mempunyai kecepatan efektif membaca terdapat 8 orang siswa (14,8 %) di kategorikan sedang, dan 47 orang siswa (87,3 %) di kategorikan lambat.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada bab sebelumnya dan berdasarkan tujuan dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Dari Hasil tes kecepatan kelas V, Dari 55 siswa kelas V mempunyai kecepatan efektif membaca di antaranya 8 orang siswa (14,8 %) di kategorikan sedang dan 47 orang siswa (87,3 %) di kategorikan lambat. Jumlah siswa seluruhnya 55 siswa, dan hasil persentase seluruhnya 100 %.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharismi. (2000). Manajemen Penelitian.Jakarta : Rineka Cipta.
Bukhari (2010). Membaca dan Menulis. Banda Aceh: Pena.
_______ (2012). Membaca dan Menulis. Pendidikan Guru SD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah.
CaturP.(2011),”BAB_I_PENDAHULUAN_1.1_Latar_Belakang_Masalah”, (online), (https://www.academia.edu/9702514/. Di akses 5 juni 2017).
Faizalnizbah. 2013. “Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca”, (online), (http://faizalnizbah.blogspot.co.id/2013/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html/., di akses pada 11 januari 2018).
Kurniawan A.(2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Bermain Talking Stick Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Kota Marang Palangka Raya, Palang Karaya.
Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghaila
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Elementary Education Research
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.