PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELI K-POP MERCH MELALUI MEDIA TWITTER

Raudya Tuzzahra, Khairani Khairani, Lia Sautunnida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan transaksi jual beli merchandise K-pop yang dilakukan melalui media sosial Twitter, mengidentifikasi bentuk pelanggaran perjanjian yang terjadi dalam konteks tersebut, dan menguraikan tindakan hukum yang diambil untuk menangani pelanggaran perjanjian tersebut. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan penelitian hukum empiris, yang bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi bagaimana hukum berfungsi dalam kehidupan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian jual beli k-pop merch melalui twitter memiliki beberapa tahapan yaitu penawaran yang dilakukan penjual melalui akun twitter, kesepakatan antara penjual dan pembeli, proses pembayaran, dan pengiriman barang, namun dalam pelaksanaannya perjanjian jual beli k-pop merch tidak dilaksanakan dengan iktikad baik oleh penjual atau pembeli sesuai Pasal 1338 ayat (3) KUHPerdata, sehingga menimbulkan wanprestasi. Ada beberapa bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh penjual yaitu barang kiriman yang tidak sesuai perjanjian dan terlambat dalam melakukan pengiriman barang, kemudian bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh pembeli yaitu keterlambatan membayar, tidak melakukan pembayaran dan pembayaran tidak sesuai kesepakatan. Upaya hukum yang dilakukan dalam menyelesaikan kasus wanprestasi yang terjadi, baik dari penjual maupun pembeli memilih untuk menyelesaikan menggunakan jalur non litigasi yaitu negosiasi.

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir Muhammad, “Hukum dan Penelitian Hukum,” Bandung: Citra Aditya, 2004.

Adistie Arista Putri, “Pelaksanaan Transaksi Jual Beli Online Di Situs Heavenlight.Co”,

Seminar Nasional Mahasiswa, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, April

Ahmad Ansyari Siregar, “Keabsahan Jual Beli Online Shop Di Tinjau Dari Undang-undang

Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan Atas Undang-undang No 11 Tahun 2008 Tentang

Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)”, Jurnal Ilmiah “Advokasi” Vol.7 , No.2

Anang Sugeng Cahyono, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di

Indonesia”, Publiciana Vol.9 , No.1 2016.

Byunpeachyna, “Sok Sultan Beli PC Overprice Ternyata Penipu”,

diakses pada

/03/2023]

Ishaq, “Metode Penelitian Hukum dan Penulisan Skripsi, Tesis, Serta Disertasi”, Bandung:

Alfabeta, 2017.

Lukman Santoso Az, Aspek Hukum Perjanjian, Yogyakarta: Media Pustaka, 2019.

Muhammad Kamran dan Maskun, “Penipuan Dalam Jual Beli Online: Perspektif Hukum

Telematika”, BALOBE Law Journal Vol.1 , No.1 2021.

M. Rizqa Anas Fawzi dan Suatra Putrawan, “Akibat Hukum Wanprestasi Dalam Perjanjian

Jual Beli Online Berdasarkan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik”,

Jurnal Kertha Semaya Vol.8 , No.4, 2020.

RR Dewi Anggraeni dan Acep Heri Rizal, “Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Melalui Internet

(E-Commerce) Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdataan (Implementation of The Sale

and Purchase Agreement Through the Internet (E-Commerce) Judging from The

Aspect of Civil Law)”, Jurnal Sosial & Budaya Syar-I Vol.6 , No.3 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)