PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA HOTEL BERDASARKAN ONLINE CUSTOMER REVIEW PADA PLATFORM TRAVELOKA (DI KOTA BANDA ACEH)

Zulvi Aliviya Amanda, Rismawati Rismawati

Abstract


Penulisan jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan perlindungan hukum bagi pelaku usaha, penyelesaian yang dilakukan antara pelaku usaha dan konsumen, dan dampak yang dirasakan pelaku usaha atas tindakan review negatif oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Guna memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan melakukan wawancara dan googleform. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan hukum terhadap pelaku usaha masih lemah dan tidak ada ketentuan khusus yang mengatur perlindungan hukum terhadap pelaku usaha meskipun secara umum hak-hak pelaku usaha diatur dalam UUPK. Penyelesaian yang dilakukan akibat review negatif dilakukan secara negoisasi antara pelaku usaha dan konsumen apabila review negatif yang diberikan konsumen benar adanya pelaku usaha akan memberikan ganti rugi, namun apabila review negatif tidak sesuai faktanya maka konsumen wajib mengahapus pernyataan dan memulihkan nama baik pelaku usaha hotel. Dampak yang dirasakan pelaku usaha atas review negatif yang dilakukan konsumen mengalami kerugian karena penurunan jumlah penjualan kamar hotel, dan minat konsumen untuk menginap di hotel tersebut serta menurunkan kepercayaan masyarakat dan menumbuhkan asumsi negatif dikalangan masyarakat. Disarankan kepada konsumen dalam memberikan review perlu lebih bijak serta harus sesuai fakta atau kenyataan yang terjadi, kepada pemerintah hendaknya memperhatikan kepastian hukum tidak hanya kepada konsumen saja namun juga kepada pelaku usaha. Kepada pihak hotel agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dibidang jasa seperti pelayanan berupa jasa kamar, fasilitas dan kenyamanan konsumen.

Full Text:

PDF

References


Beratl a l Bagus Ml ade Bl al mal ALnalndika, l Perlindungaln Hukum Terhaldalp Pelalku Usalhal Terkalit

Walnprestalsi Yalng Dilalkukaln Konsumen Dengaln Calral Hit ALnd Run, Hukum Bisnis

Fakultl as Hukum Universitl as Udl ayl anl a, 2016. l

Philipus M. Hadjon, l Pengalntalr Hukum ALdministralsi Indonesial, Yogyakl artl al: Gajl ah Ml adl a

l University Press, 2011.

Pasl al 6 Undlangl-Undang Perlindunglan Konsumen Nomor 8 Tlahun 1999l

Nandlang Suhendlar, Generlal Mlanl ager Hotel lALyalni, wawl anclarl a l 13 Februari 2023l

Pasl al 27 l ayl at l (3) Undangl -Undang Nomor 19 Tl al hun 2016 tentang Perubl ahl an l atl as Undl angl

Undang Nomor 11 Tl ahun 2008 Tentl ang Informl asi dl an Elektronik. l

Octowandi, Sekretl aris Perhimpunl an Hotel dl an Restl aurl alnt di Kota l Bandl al ALceh, Wawl ancl arl al

tanggl al l 16 Maret 2023. l

Rizalul lALkbar, Ketul a l Yal yasl an l ALkserasi Konsumen Cerdlals (YALKC), Wawl ancl al ra l 17 Maret l

Edo, Dapl al rtement Front Office Manl ager Hotel l AL yani, wlawl alncalra l tangglal 14 Februlari 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)