IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOSMETIKA IMPORT DENGAN KEMASAN BERBAHASA ASING DI KOTA BANDA ACEH

Salsabilla Salsabilla, T. Haflisyah

Abstract


Penulisan jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan seperti apa implementasi perlindungan konsumen terhadap produk kosmetika import dengan kemasan berbahasa asing di Kota Banda Aceh, pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha terhadap akibat yang dialami konsumen, peran dan kendala yang dialami BPOM dalam pengawasan terhadap produk kosmetika import dengan kemasan berbahasa asing di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Guna memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Data dianalisis secara kualitatif.Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi perlindungan konsumen terhadap produk kosmetika import dengan kemasan berbahasa asing memiliki kesenjanggan yang dimana Undang-Undang Perlindungan Konsumen tidak terlaksana dengan benar. Tanggung jawab pelaku usaha terhadap akibat yang dialami konsumen yaitu dalam bentuk ganti rugi dan edukasi serta saran terhadap konsumen. Peran dan Kendala yang dialami BPOM dalam pengawasan yaitu BPOM berperan memantau peredaran kosmetika import baik secara pre market ataupun post market, kendala yang dialami yaitu tingkat pengetahuan dan pemahaman pelaku usaha yang rendah, tingkat ketelitian konsumen yang rendah dalam memilih produk kosmetika import, online shope yang sulit untuk dijangkau pengawasannya, jarak ke daerah kecil yang jauh dari kota dan lemahnya sistem keamanan perbatasan negara Indonesia. Disarankan kepada pelaku usaha agar cermat mengetahui dan menjalankan kewajibannya sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, kepada BPOM Banda Aceh agar terus tegas melakukan pengawasan kosmetika import dan memberikan tindakan yang tegas bagi pelaku usaha yang tidak dapat berkontribusi dalam menaati aturan yang berlaku.

Full Text:

PDF

References


Ahmal d Miru, Prinsip-prinsip Perlindugaln Hukum Balgi Konsumen di Indonesial, Jal kal rtal : PT.

Ral jal Gral findo Persal dal , 2011.

Fal hmiwal ti, Ketual Yal yal sal n Perlindungal n Konsumen A Lceh, walwalncalral 20 Jal nual ri 2023.

Mal jal lal h Online SWA L.co.id, 5 Bralnd Skincalre Penyumbal ng Penjual lal n Terbesal r di Ecommerce, https://swal.co.id dial kses pal dal tal nggal l 10 oktober 2022.

Peral tural n Menteri Perdal gal ngal n Republik Indonesial Nomor 73/Mdal g/Per/9/2015.

Peral tural n Kepal lal Bal dal n Pengal wal s Obal t dal n Mal kalnal n Republik Indonesial Nomor 12/2015

Tental ng Pengal wasl al n Pemal sukal n Obal t dal n Mal kal nal n Ke Dal lal m Wilal yal h Indonesial .

Retno Iswal ri dal n Fal mal Lal tifal h, Buku Pegalngaln Ilmu Pengetalhualn Kosmetik, Jal kal rtal : PT.

Gral medial Pustal kal Utal mal , 2007.

Yal nti , Stal f Informasi dl al n Komunikasi BPOM , lwalwalncalral 16 Desember 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)