GANTI KERUGIAN KEPADA DOWNLINE AKIBAT WANPRESTASI UPLINE PT K-LINK DAN PT ORIFLAME YANG BERBASIS MULTI LEVEL MARKETING (Suatu Penelitian di Wilayah Kota Banda Aceh)

Arianja Hidayad, Yunita Yunita

Abstract


Abstrak – Tujuan penulisan jurnal ini untuk menjelaskan bentuk wanprestasi upline terhadap downline PT KLink dan PT Oriflame, tanggung jawab upline terhadap kerugian yang dialami oleh downline dan upaya penyelesaian yang ditempuh oleh downline terhadap wanprestasi yang dilakukan upline. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk wanprestasi antara upline dan downline pada perusahaan MLM K-Link adalah upline tidak melanjutkan pengajuan bonus sehingga downline tidak menerima keuntungan berupa bonus penjualan, selanjutnya bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh upline Oriflame adalah mengklaim target penjualan kelompok menjadi target pribadi. Tanggung jawab Upline terhadap kerugian yang dialami oleh downline K-Link dilakukan melalui group whatsapp dan telegram agar wanprestasi tersebut dapat diselesaikan secara internal, sedangkan pada Oriflame, upline diwajibkan untuk mengganti kerugian downline dengan catatan apabila bonus tersebut tidak dikembalikan kepada downline maka upline akan diberikan sanksi berupa pembekuan akun. Upaya penyelesaian yang ditempuh oleh konsumen (downline) terhadap wanprestasi yang dilakukan upline adalah melakukan pengecekan kepada upline yang memimpin downline tersebut. Disarankan kepada pihak downline K-Link dan Oriflame untuk mempelajari sistem Multi Level Marketing dengan baik sebelum bergabung dalam bisnis tersebut. Kepada pihak upline untuk membina dan menjelaskan secara detail terkait penjualan dan pemberian bonus penjualan produk tersebut. Kata Kunci : Ganti Kerugian, Wanprestasi, Multi Level Marketing.

Full Text:

PDF

References


Purwosutjipto, Pengertian Pokok Hukum Ketenagakerjaan Indonesia (Hukum

Pengangkutan), Jakarta: Dijembatan, 2003.

R. Subekti & Tjitrosubidio, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau Burgerlijk Wetboek

(“BW”), Jakarta: Praditya Paramita, 1984.

Salim H.S., Pengantar Hukum Perdata Tertulis (BW), Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Ahmad Mardalis dan Nur Hasanah, “Multi Level Marketing (MLM) Prespektiif Ekonomi

Islam,” Vol. 1, No. 1 Benefit Journal Sekolah Pasca Sarjana, Surakarta, 2016.

Alfiana Prayutasani, Rinitami Njatrijani, dan Suradi, “Perlindungan Hukum Atas Kegiatan

Usaha MLM (Multi Level Marketing) Studi Pada Rumah Avail Semarang,” Vol V,

No.2 Law Review FH UNDIP, Semarang, 2016.

Dinaselina Chintya Kosasih, “Perlindungan Hukum Bagi Anggota Multi Level Marketing

(Multi Level Marketing) Yang Berbasis Aplikasi Di Indonesia (Studi Kasus Pada Pt

Sukses Integritas Perkasa),” Vol.VII No.2, Jurnal Pascasarjana USM, Surakarta,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)