PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN PARKIR ATAS PENCANTUMAN KLAUSULA EKSONERASI PADA KARCIS PARKIR

Alya Marsca, Humaira Humaira

Abstract


Abstrak – Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui bentuk tanggung jawab pengelola parkir atau perjanjian baku pada karcis parkir dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan klausula baku yang mengandung eksonerasi oleh pelaku usaha jasa parkir di Kota Banda Aceh. Penelitian ini masuk dalam judul penelitian hukum empiris. Informasi untuk penelitian ini dikumpulkan melalui penyelidikan lapangan dan penelitian kepustakaan. Wawancara dengan responden dan informan menjadi metode utama pengumpulan data untuk studi lapangan. Membaca buku dan menganalisis hukum terkait adalah bagaimana data sekunder dikumpulkan untuk penelitian kepustakaan. Pelaksanaan perlindungan bagi konsumen parkir di Kota Banda Aceh belum dilakukan secara memadai, menurut hasil penelitian. Beberapa pelanggan parkir terus merasa kurang beruntung dalam hal layanan yang mereka terima atau kompensasi yang ditawarkan manajemen parkir. Yang berdampak pada pencantuman perjanjian baku yang memuat klausula eksonerasi ini karena sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Pemerintah Walikota Banda Aceh Nomor 6 Tahun 2013 dan memberikan jaminan bahwa orang-orang tertentu tidak dapat dimintai pertanggungjawaban dalam hal parkir pelanggan mengalami kerugian. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Jasa Layanan Parkir, Klausula Eksonerasi.

Full Text:

PDF

References


Ari Mukhti, Juru Parkir, wawancara, Banda Aceh, 24 Juni 2022.

Basri, “Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Parkir”, Jurnal Perspektif, Vol. XX No. 1,

Edi Yanto, “Perlindungan Hukum Konsumen Jasa Parkir Ditinjau Dari Hukum Positif”,

Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 11 No. 1, 2020.

Fahmiwati, Ketua Yayasan Perlindungan Konsumen Aceh, wawancara, Banda Aceh, 17 Juni

Khairul Azmi, Juru Parkir, wawancara, Banda Aceh, 24 Juni 2022.

Nanda Suci Nirwandani, “Klausula Eksonerasi Dalam Karcis Parkir Di Terminal Arjosari

Kota Malang Menurut Hukum Perlindungan Konsumen Dan Hukum Islam”, Journal

of Islamic Business Law, Volume 2, Issue 3, 2018.

Mahdani, Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, wawancara,

Banda Aceh, 17 Mei 2022.

Zulham, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Zakiyah, Klausula Eksonerasi Dalam Prespektif Perlindungan Konsumen, Al’Adl, Vol. IX

No. 3, Desember 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)