TANGGUNG JAWAB MASKAPAI PENERBANGAN TERHADAP PENUMPANG YANG DIRUGIKAN KARENA KETERLAMBATAN PENERBANGAN (Suatu Penelitian Pada PT. Lion Grup Cabang Banda Aceh)

Cut Israviana Rizqya, Rismawati Rismawati

Abstract


Abstrak – Penelitian bertujuan untuk menjelaskan tanggungjawab maskapai penerbangan PT. Lion Grup terhadap penumpang akibat keterlambatan penerbangan dan untuk menjelaskan upaya yang dapat dilakukan oleh penumpang apabila hak konpensasi atas keterlambatan penerbangan tidak dipenuhi. Hasil penelitian diketahui bahwa tanggungjawab maskapai penerbangan PT. Lion Grup Cabang Banda Aceh atas keterlambatan belum sepenuhnya dilaksanakan, karena hak penumpang terhadap informasi atas penyebab keterlambatan dan lamanya waktu keterlambatan, namun konpensasi atas pemberian ganti kerugian bagi penumpang telah sesuai dengan peraturan yang Menteri Perhubungan. Upaya yang dapat dilakukan oleh penumpang apabila hak konpensasi atas keterlambatan penerbangan tidak dipenuhi adalah dengan 3 (tiga) cara, yaitu menuntut ganti kerugian secara pribadi kepada pihak maskapai penerbangan, mendapat pendampingan dari Yayasan Perlindungan Konsumen Aceh (YaPKa), dan menuntut ke pengadilan. Disarankan kepada PT. Lion Grup Cabang Banda Aceh untuk memenuhi hak semua penumpang untuk mendapatkan mendapatkan informasi yang jelas. Penumpang diharapkan mempertanyakan haknya untuk mendapatkan informasi atas penyebab keterlambatan dan lamanya waktu keterlambatan secara pribadi atau meminta bantuan ke pihak YaPKA untuk mendapatkan pendampingan. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Masakapai Penerbangan, Penumpang, Keterlambatan Penerbangan.

Full Text:

PDF

References


Buku-Buku

Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Waluyo, 2002, Penelitian Hukum, Jakarta: Sinar Grafika.

Martono, H. K., & Pramono, A., Hukum Udara Perdata, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Ishaq, Metode Penelitian Hukum dan Penulisan Skripsi, Tesis, Serta Disertasi, Bandung:

Alfabeta, 2017.

Peter Mahmud Marzuki, 2008, Penelitian Hukum, Jakarta: Kencana.

Jurnal Hukum

Shinta Nuraini, “Tanggung Jawab Keperdataan Dalam Penyelenggaraan Pengangkutan Udara

Atas Keterlambatan Jadwal Penerbangan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1

Tahun 2009 Tentang Penerbangan”, Jurnal Privat Law, Vol. V No. 1, 2017.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan

Peraturan Mnteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 Tentang Pengangkut Angkutan udara

Peraturan Mnteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan

Penerbangan pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Beradwal di Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)