WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMANFAATAN AIR BERSIH ANTARA PDAM TIRTA DAROY DENGAN PELANGGAN (Suatu Penelitian di Kecamatan Syiah Kuala dan Kuta Alam)

Aulia Aulia, Susiana Susiana

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk wanprestasi yang terjadi, faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian dan menjelaskan mekanisme penyelesaian wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian pemanfaatan air bersih PDAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian pemanfaatan air bersih PDAM berupa keterlambatan pembayaran iuran bulanan dan tidak membayar sama sekali iuran bulanan. Faktor penyebab terjadinya wanprestasi yaitu pelanggan tidak puas terhadap layanan yang diberikan, keuangan pelanggan yang menurun semenjak pandemi Covid-19 dan pelanggan kurang memahami ketentuan yang terdapat dalam perjanjian. Mekanisme penyelesaian wanprestasi yang ditempuh oleh para pihak adalah dengan mengingatkan pelanggan melalui surat somasi, kemudian para pihak melakukan negosiasi agar mendapatkan kesepakatan bersama, apabila tidak terselesaikan juga akan dilakukan penyelesaian masalah di pengadilan. Disarankan kepada pihak pelanggan untuk memahami kewajiban sebagaimana dalam perjanjian. Disarankan PDAM Tirta Daroy menjelaskan informasi dengan lengkap serta memberikan layanan yang baik kepada pihak pelanggan saat melakukan perjanjian sehingga pihak pelanggan memahami kewajibannya.


Full Text:

PDF

References


Burhan Ashsofa, 2007, Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Rineka Cipta.

Roni Syaifutra, dkk, 2017, Perkembangan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Daroy Kota Banda Aceh Tahun 1975-2016, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah Volume 2, Nomor 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)