PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PARIWARA YANG MENYESATKAN DI SURAT KABAR (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh)

Saidil Ambia, Teuku Muttaqin Mansur

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab pelaku usaha mempromosikan produk barang dan/atau jasa yang menyesatkan konsumen, tanggung jawab pelaku usaha dan penyelesaian hukum perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pariwara yang menyesatkan di surat kabar. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat yuridis empiris, yaitu suatu penelitian ilmiah untuk menemukan kebenaran berdasarkan penelitian pelaksanaan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pariwara yang menyesatkan di surat kabar belum berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagaimana dijelaskan di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hal ini disebabkan karena pengawasan, kesadaran hukum, serta penerapan sanksi belum sepenuhnya berjalan sehingga konsumen dirugikan sebagai akibat penyebaran Pariwara menyesatkan tersebut. Disarankan kepada pelaku usaha terkait agar dalam melaksanakan kegiatan usahanya haruslah mematuhi segala peraturan dan prosedur yang berlaku. Kepada konsumen agar lebih teliti dalam memilih produk barang dan/atau jasa, serta memperhatikan hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Kepada lembaga PPPI-BPP, KPID, YaPKA, dan lembaga terkait lainnya, agar dapat membina, mengawasi serta menerapkan sanksi sebagaimana mestinya agar dapat memberikan efek jera kepada pelaku usaha.


Full Text:

PDF

References


Buku-buku

Ahmadi Miru dan Sutarman Yodo, Hukum perlindungan Konsumen, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.

B.W. Lowe, Periklanan Yang Efektif, Jakarta : Elex Media Komputindo, 1993.

Gunawan Widjaja dan Ahmad Yani, Hukum Perlindungan Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Totok Djuroto, Manajemen Penerbitan Pers, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Peraturan perundang-undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPdt).

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Etika pariwara Indonesia (TKTCPI) cetakan ke-3 Tahun 2007.

Skripsi-skripsi

Abigael Zonia Sondakh, “Aspek Hukum Pelaku Usaha Periklanan Dan Produk Iklan Yang Melanggar Periklanan Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlin-dungan Konsumen”, Skripsi, Universitas Sam Ratulangi, Bali: 2014.

Muhammad Khoirumam, ”Model Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Periklanan Su-rat Kabar (Studi Kasus Surat Kabar Solo Pos Di Surakarta),” Skripsi, Solo: Universitas Mu-hammadiyah Surakarta, Surakarta: 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)