TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGGUNAAN LETTER OF CREDIT (L/C) DALAM PELAKASANAAN EKSPOR IMPOR BARANG DI INDONESIA

Maffuadi Maffuadi, Khairani Khairani

Abstract


Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui aturan-aturan yang dapat dijadikan pertimbangan dasar hukum dalam menggunakan L/C dan untuk mengetahui resiko yang akan timbul  pada pembayaran dengan menggunakan L/C. Hasil penelitian diketahui bahwa basis peraturan transaksi perdagangan antar negara yang mana digunakannya L/C yakni UCP-DC 600. Di Indonesia UCP-600 belum berlaku secara efektif sebagaimana dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 1982 dan Surat Edaran Bank Indonesia No.26/34/ULN belum kompherensif atau secara rinci mengatur tentang L/C sehingga masih banyak menimbulkan resiko-resiko dalam pelaksaksanaan pelunasannya proses ekspor dan maupun impor dengan menggunakan L/C. Resiko-resiko yang dapat terjadi pada saat proses ekspor dan maupun impor dengan menggunakan L/C adalah berupa barang tidak sampai atau spesifikasi barang tidak sesuai dengan kontrak, terjadi perubahan valuta mata uang asing, kegagalan issuing bank atau cedera janji membayar, ketidak mampuan importir untuk membayar karena importir mengalami pailit, resiko hukum, pemalsuan dokumen, penipuan, resiko politik negara, resiko hukumdan peristiwa tak terduga seperti bencana alamdan krisis moneter atau perang dunia.  Hal ini dikarenakan pemerintah Indonesia tidak menerjemahkan UCP dalam kebijakan-kebijakan yang bersifat lokal maupun nasional.


Full Text:

PDF

References


C.S.T Kansil, Hukum Perusahaan Indonesia – Aspek Hukum Daiwa Ekonomi – bagian 2 (Ja-karta: PT. Pradnya Paramita, 2001).

Etty Susilo wati Suhardo, Cara Pembayaran dengan Letter of Credit dalam Perdagangan Luar Negeri (Semarang: FH UNDIP, 2001).

Gunawan Widjaja & Kartini Muljadi, Seri Hukum Perikatan : Perikatan Yang Lahir Dari Un-dang-Undang (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005).

Gunawan Widjaya & Ahmad Yani, Transaksi Bisnis Internasional – Seri Hukum Bisnis, (Ja-karta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006).

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) vol, 16. No. 1 November 2014.

Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan, cet. 1 (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005).

Oloan Johanes Sirait, Letter of Credit Sebagai Salah Satu Cara Pembayaran Dalam Trans-asaksi Perdagangan Internasinal, Universitas Sumatra Utara, 2009.

Purwosutjipto, H.M.N, Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia – Jilid 4: Hukum Jual Beli Perusahaan ( Jakarta: Penerbit Djambatan, 2003).

Roselyne Hutabarat, Transaksi Ekspor Impor, cet. 3 (Jakarta: Erlangga, 1990).

Ramlan Ginting, Letter of Credit: Tinjauan Aspek Hukum Dan Bisnis (Jakarta: Salemba Em-pat, 2000).

Rajagukguk Erman, “Keputusan Pengadilan Mengenai Beberapa Masalah Arbitrase”.Jakarta, 1994.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)