PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT DALAM PELAKSANAAN TARIF PAPAN BUNGA DI KOTA BANDA ACEH.

Ilham Baihaqi, Wardah Wardah

Abstract


Pasal 7 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UUPUTS) menyatakan bahwa, “Pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga di bawah harga pasar, yang dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat. Praktik tersebut dilakukan oleh beberapa pengusaha papan bunga yang tergabung dalam Forum Persatuan Florist Kota Banda Aceh (Fortufloba) guna mencari keuntungan pribadi dengan cara merusak harga pasar yang telah ditetapkan oleh seluruh anggota Fortufloba.  Faktor penyebab pelaku usaha papan bunga menetapkan harga dibawah harga pasar dikarenakan semakin murah harga suatu objek (papan bunga) yang dijual atau disewakan maka akan semakin banyak pemesanan konsumen terhadap si penjual jasa tersebut sehingga menimbulkan kerugian bagi plaku usaha papan bunga lainnya. Upaya yang dilakukan oleh pihak Fortufloba adalah dengan memberikan sanksi berupa surat teguran sebanyak tiga kali terhadap pelaku usaha papan bunga yang menjual jasa papan bunga dibawah harga pasar yang telah ditetapkan.


Full Text:

PDF

References


A. M. Tri Anggraini, 2003, “Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat Perse Illegal atau Rule Of Reason”, Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas In-donesia,Jakarta.

Andi Fahmi Lubis, dkk, 2009, “ Hukum Persaingan Usaha Antara Teks dan Konteks”, E-Book,Jakarta.

Ahmad, Yani dan Gunawan Widjaja,2010, “ Seri Hukum Bisnis Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat”, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Arie Siswanto, 2004, “Hukum Persaingan Usaha”, Ghalia Indonesia, Bogor.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, 2005, “ Metode Penelitian Kuantitatif”, Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)