Tanggung Jawab Bank Penyelenggara Laku Pandai (Branchless Banking) Terhadap Nasabah Yang Mengalami Kerugian Akibat Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Oleh Agen

Oktavia Dwi Rahayu, Yusri Yusri

Abstract


Bank penyelenggara Laku Pandai bertanggung jawab atas perbuatan dan tindakan agen yang termasuk dalam cakupan layanan agen sesuai dengan yang dicantumkan dalam perjanjian kerjasama sebagaimana tercantum dalam Pasal 22 ayat (1) huruf (f) POJK No.19/POJK.03/2014, namun dalam pelaksanaannya, tanggung jawab yang diberikan oleh bank tidak menguntungkan nasabah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan tanggung jawab bank penyelenggara Laku Pandai kepada nasabah akibat perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh agen Laku Pandai. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab yang diberikan oleh bank kepada nasabah, yaitu menelusuri dan menginvestigasi laporan, memberikan pembinaan atau teguran kepada agen, memberikan sanksi kepada Agen, mengembalikan biaya yang ditarik diluar ketentuan kepada nasabah. Akan tetapi, jika kerugian timbul akibat kesalahan atau kelalaian nasabah, bank tidak bertanggung jawab mengembalikan biaya kepada nasabah. Disarankan kepada pihak bank untuk melakukan upaya-upaya penyelesaian yang menguntungkan nasabah dan perlu membentuk badan khusus untuk perlindungan nasabah, serta melakukan pengawasan lebih ketat terhadap pemilihan dan penyaringan agen Laku Pandai.


Full Text:

PDF

References


Buku

Abdulkadir Muhammad, Hukum Perusahaan Indonesia, Bandung : Citra Aditya Bakti, 2010.

Amiruddin dan Zainal Asikin, Pengantar Metode Penelitian Hukum, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.

Hermansyah, Hukum Perbankan Nasional Indonesia, Cetakan ke-4, Jakarta : Kencana, 2008.

Hutagalung, Sophar Maru, Kontrak Bisnis di ASEAN Pengaruh Sistem Hukum Common Law dan Civil Law, Cetakan Pertama, Jakarta: Sinar Grafika, 2013.

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Munir Fuady, Perbuatan Melawan Hukum Pendekatan Kontemporer, Cetakan ke-1 Bandung : Citra Aditya Bakti, 2002.

Rachmadi Usman, Aspek-Aspek Hukum Perbankan Di Indonesia, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Simatupang, Richard Burton, Aspek Hukum dalam Bisnis, Jakarta : Rineka Cipta, 2003.

Sudikno Mertokusumo, Mengenal Hukum Suatu Pengantar, Yogyakarta : Penerbit Liberty, 2005.

Artikel, Jurnal, Laporan Penelitian, Skripsi

Aster Kusumawati, dkk “Tanggung Jawab Agen Kepada Nasabah Penyimpan Dan Simpanannya Terhadap Layanan Perbankan Branchless Banking (Ditinjau Dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/Pojk.03/2014 Tanggal 19 November 2014 Tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif)” Program Studi Magister Kenotariatan Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, 2015

Dian Cahyaningrum, “Pelindungan nasabah dalam penyelenggaraan Laku Pandai: Studi pelindungan nasabah Laku Pandai Bca Di jawa tengah dan bri di papua” Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 2016.

Khanan dan Pujiyono, ”Aspek Yuridis Keberadaan Agen dalam Model Branchless Banking di Sistem Perbankan Indonesia” Privat Law Vol. IV No.1 Januari-Juni 2016.

Wawancara

Dona Saputra, 2018, Wawancara mengenai Branchless Banking, di Kantor PT. Bank BRI Cabang Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)