PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BARANG PERSONAL HYGIENE KEDALUWARSA PADA SWALAYAN KOTA BANDA ACEH

Safriani Safriani, Teuku Muttaqin Mansur

Abstract


Sesuai dengan Pasal 4 huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dijelaskan bahwa konsumen mempunyai hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan atau jasa. Selain itu Pasal 8 ayat (2) UUPK juga menyebutkan bahwa pelaku usaha dilarang memperdagangkan barang yang rusak, cacat atau bekas, dan tercemar tanpa memberikan informasi secara lengkap dan benar atas barang yang dimaksud.  Namun pada kenyataannya, masih banyak pelaku usaha yang menjual barang personal hygiene yang kedaluwarsa pada swalayan di Kota Banda Aceh. Tujuan penulisan ini adalah untuk  mengetahui dan menjelaskan mengenai perlindungan konsumen terhadap beredarnya barang personal hygiene kedaluwarsa pada swalayan Kota Banda Aceh, upaya perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna barang personal hygiene kedaluwarsa pada swalayan di Kota Banda Aceh, dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap barang personal hygiene kedaluwarsa pada swalayan di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian diketahui bahwa perlindungan konsumen terhadap barang personal hygiene kedaluwarsa pada swalayan di Kota Banda Aceh saat ini belum berjalan dengan baik. Hal ini karena masih ditemukan pelaku usaha yang menjual barang personal hygiene kedaluwarsa pada swalayan di Kota Banda Aceh. Upaya perlindungan hukum kepada konsumen terhadap barang personal hygiene di swalayan yaitu dengan melakukan pengawasan, razia, memberi edukasi kepada pelaku usaha dan konsumen, memberi teguran kepada pelaku usaha yang melakukan pelanggaran dan menyita barang personal hygiene yang kedaluwarsa. Dalam penyelesaian sengketa, konsumen menempuh jalur penyelesaian di luar pengadilan yaitu dengan cara damai. Tanggung jawab pelaku usaha terhadap barang personal hygiene kedaluwarsa pada swalayan di Kota Banda Aceh bagi konsumen berupa pengembalian uang, atau menggantikan dengan barang yang baru.  Disarankan kepada konsumen dalam membeli suatu barang, agar teliti sebelum membeli. Kepada pelaku usaha, disarankan dalam menjalankan usahanya harus mematuhi peraturan dan prosedur yang ada. Kepada Pemerintah disarankan agar memberi sanksi yang tegas kepada pelaku usaha yang melakukan pelanggaran.

Keywords


Perlindungan Konsumen; Swalayan; Personal Hygiene; Kedaluwarsa

Full Text:

PDF

References


Buku-buku

Ade Saptomo, Pokok-Pokok Metode Penelitian Hukum Empiris Murni Sebuah Alternatif, Jakarta: Universitas Trisakti, 2009.

Abdul Rasyid Saliman dan Hermansyah, Hukum Bisnis untuk Perusahaan, Jakarta: Kencana, 2005.

Adrian Sutedi, Tanggung Jawab Produk dalam Perlindungan Konsumen, Ciawi- Bogor: Ghalian Indonesia, 2008.

Ahmadi Miru & Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Bambang Sunggono, Metodologi Penelitian Hukum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Burhan Arkunto, Metodologi Penelitian Hukum, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Burhan Ashofa, Metode Penelitian Hukum, Cetakan keenam, Jakarta: PT, Rhineka Cipta, 2010.

Celina Tri Siwi Kristiyanti, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Sinar Grafika, 2014.

Happy Susanto, Hak-hak Konsumen Jika Dirugikan,Yogyakarta: Visi Media, 2008.

Janus Sidabalok, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2014.

Kholid Rosyidi MN & Nila Dewi Wulansari, Prosedur Praktik Keperawatan Jilid 1, Jakarta: Trans Info Media, 2013.

Nasution AZ, Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar, Jakarta: PT. Diadit Media, 2002.

Nieuwenhuis, Pokok-pokok Hukum Perikatan, Terjemahan Djasadin Saragih, Surabaya: Universitas Airlangga, 1985.

Perry potter A, Fundamental keperawatan: konsep, proses, dan praktik, Jakarta: EGC, 2006.

Suharmi Arkunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta,2002.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.

Zulham, Hukum Perlindungan Konsumen, Medan: Kencana, 2012.

Disertasi, Tesis, , Laporan Penelitian, Artikel, Makalah dan Jurnal

Ahmadi Miru, “Prinsip-Prinsip Perlindungan Hukum Bagi Konsumen di Indonesia”, Disertasi, Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Airlangga, 2000.

Anna Nurjannah, (et.al) “Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar Negeri Jatinagor”, Hasil Penelitian, Bandung: Universitas Padjajaran, 2012.

Cut Magfirah, “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Barang Elektronik yang Tidak Mencantumkan Label Standarisasi Nasional Indonesia Wajib”, , Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, Darussalam, 2015.

Fitri Eka Sari, “Peranan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Terhadap Pelaku Tindak Pidana Memperdagangkan Obat-obatan Tanpa Mencantumkan Tanggal Kedaluwarsa”, , Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, Darussalam, 2015.

Muhammad Marafwansyah, “Perlindungan Konsumen Terhadap Penggunaan Perjanjian Baku dalam Perjanjian Jual Beli Buku di Toko Buku”, , Banda Aceh:Universitas Syiah Kuala, Darussalam, 2014.

N Endang, “Pengaruh Store Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Mulia Toserba dan Swalayan Godean Sleman Yogyakarta)”, , Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarka, 2012.

Singgih Priatmaji Sangsoko, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayan, Harga Kompetitif, Kelengkapan Barang dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang, 2013.

Trisno Nazli Syaputra,“Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Produk Pangan Kedaluwarsa di Swalayan”, , Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, Darussalam, 2014.

Yangkana Anugrah Ichwan,“Tanggung Jawab Pelaku Usaha Swalayan Terhadap Produk Makanan yang Memiliki Cacat Tersembunyi di Kota Banda Aceh”, , Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, Darussalam, 2014.

Peraturan Perundang-undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata ( KUH Pdt).

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1966 tentang Hygiene.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan

Gedung Redaksi

JURNAL ILMIAH MAHASISWA BIDANG HUKUM KEPERDATAAN 

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  
Jalan Putroe Phang No.1. Darussalam, Provinsi Aceh, 23111 
Telp: (0651) 7410147, 7551781. Fax: 7551781  
 
e-mail: jimhukumperdata@unsyiah.ac.id

ISSN : 2597-6907 (ONLINE)