Pemanfaatan Smart Board pada Materi Transformasi di Kelas VIII SPK SMP Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School Banda Aceh
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT telah diaplikasikan dalam dunia pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika. Guru di SPK SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh telah memanfaatkan smart board sebagai media untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media tersebut perlu diukur terutama pada aspek pemanfaatannya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan smart board dalam proses pembelajaran materi transformasi. Jenis penelitian yang dijalankan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru matematika di kelas VIII SPK SMP Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pengajaran guru dan lembar pedoman wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan smart board yang dilakukan oleh guru di kelas VIII telah memenuhi sepuluh aspek yang diamati. Kesepuluh aspek pengamatan tersebut meliputi pemanfaatan smart board yang dilakukan oleh guru pada tahap apersepsi dan memotivasi siswa. Guru juga memanfaatkan smart board sebagai media pengganti papan tulis, yaitu sebagai sarana untuk menulis, menggambar, menyelesaikan soal-soal dan menampilkan buku paket pembelajaran matematika. Guru mendampingi dan membimbing siswa dalam penyelesaian persoalan dan memeriksa jawaban siswa serta menanggapi dan meluruskan jawaban siswa yang terdapat pada layar smart board. Selain itu guru juga memanfaatkan smart board sebagai media untuk menampilkan power point dan memutar video pembelajaran transformasi.
Kata Kunci: Pemanfaatan media pembelajaran, Smart board, Transformasi.
Full Text:
64 - 72References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Blau, Ina. 2011. "[Chais] Teachers for" Smart Classrooms": The Extent of Implementation of an Interactive Whiteboard-based Professional Development Program on Elementary Teachers' Instructional Practices." Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects 7.1: 275-289.
Djamarah dan Syaiful Bahri. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hazliansyah. 2015, 12 Mei. “Papan Tulis Interaktif Efektif Tunjang Proses Belajar-Mengajar”.(http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/15/05/12/no7rbg-papan-tulis-interaktif-efektif-tunjang-proses-belajarmengajar. (online). (Diakses pada Agustus 2017).
Rustaman, N. dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar. JICA IMSTEP: Tidak diterbitkan.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pembelajaran. Bandung: CV Sinar Baru Algensindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id