Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTsN Model Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi. Pembelajaran ini dirancang agar siswa menemukan sendiri pemecahan masalah melalui tindakan nyata. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan pada penelitiian ini yaitu pre-eksperimentaldesign dengan jenis pre- test and post-test group. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018, dan penentuan sampel dilakukan secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Uji yang diambil yaitu uji satu pihak, yatu pihak kanan pada taraf signifikan (α) = 0,05. Hasil pengolahan data hasil belajar siswa menggunakan rumus uji-t di dapatkan t = 4,35. Selanjutnya, nilai ini dibandingkan dengan nilai t0,95, maka diperoleh t ≥ t0,95, yaitu 4,35 ≥ 1,70. Oleh karena t ≥ t0,95 maka tolak H0 dan terma H1. Sejalan dengan itu, kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test adalah 42,17 dengan simpangan baku 7,12. Dengan menggunakan rumus uji-t didapatkan t = 32,44, dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh t ≥ t0,95, yaitu 32,44 ≥ 1,70. Oleh karena t ≥ t0,95, maka hipotesis H0 ditolak dan terima H0 dalam hal lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh.
Kata Kunci: Problem Based Leaning (PBL), Relasi dan Fungsi, Hasl Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis.
Full Text:
56 - 63References
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugupublisher
Hudoyo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang
Nizam. 2016. Daya Imajinasi Lemah, [online]. Tersedia: https://www.kompas.com
Noer, Sry Hastuti. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 1, 2009, h.474.
Rauzah, 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Peluang di Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id