Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Problem Posing pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 17 Banda Aceh
Abstract
Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika antara lain yaitu model problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model problem posing. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri atas delapan kelas dan sampel dari penelitian ini dipilih secara acak sehingga diperoleh kelas VIII-8 dengan 28 siswa sebagai sampelnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Pre Experimental Design dengan jenis pendekatan One Shot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengan tes akhir (post test). Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model problem posing pada materi system persamaan linear dua variabel (SPLDV) digunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tolak H0 (thitung>ttabel) dimana diperoleh hipotesisnya adalah >1,703, sehingga dapat diisimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh telah melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, diharapkan pada peneliti lain juga guru dapat menerapkan model ini pada pembelajaran maupun materi yang lebih lanjut.
Kata Kunci: Model Problem Posing, Hasil Belajar, SPLDV
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kholifah. 2016. Keefektifan Model Problem Posing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Skripsi.Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Muhadjir, N. 2002.Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Serasin.
Puspitasari, L. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014”.Skripsi tidak diterbitkan.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri: Tulungagung.
Rahmah, R. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas X Smk Pgri 1 Tulungagung.Skripsi. Tidak Diterbitkan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.
Sudjana,N. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT.Tarsito Bandung.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.
Suyitno, A. 2006. Pemilihan Model-model pembelajaran dan Penerapannya di sekolah. Semarang: Unnes
Thobroni. 2015. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id