Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh

Muthmainnah Muthmainnah, Bainuddin Yani S, Khairul Umam

Abstract


Matematika berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah sebagai pengetahuan dasar terhadap kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kenyataannya, banyak yang masih menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang susah untuk dimengerti. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hasil TIMSS tahun 2011 menyatakan bahwa Indonesia berada pada tingkatan 36 dari 49 negara didunia. Pengelolaan kelas yang kurang baik merupakan penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif yaitu dengan model pembelajaran discovery learning. Discovery learning adalah salah satu model yang telah direkomendasikan untuk pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui penerapan model Discovery Learning pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh dapat mencapai KKM. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh, sedangkan sampelnya berupa satu kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang. Instrumen dikumpulkan melalui soal Post-test sebanyak 5 butir. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain One Shoot Case Study. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar melalui penerapan model Discovery Learning mencapai KKM pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh.memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk mengamati permasalahan tersebut. Siswa juga aktif membaca bahan bacaan agar dapat melakukan eksperimen yang diberikan.

 

Kata Kunci:     Discovery Learning, Hasil Belajar


Full Text:

38 - 46

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah & Zain. 2013. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hosnan, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 kunci sukses implementa kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Joko, Susilo Muhammad. 2005. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachear of Mathematic, Inc

Rahayu, Sri Indah. 2015. Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Peluang di SMA N 7 Banda Aceh.Unsyiah: Skripsi.

Rahmawati. 2016. Menggali Lebih Dalam Kelemahan Siswa Indonesia Berdasarkan Hasil Analisis TIMSS 2015. Kemendikbud: publish online. Diakses melalui puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 International Result In Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS dan PIRLS International Study Center, dipublish Online. Diakses melalui: http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international-result-math

Widiadnyana, Sadia, & S. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Ejournal Program Pascasarjana UNIMED


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id