Pembelajaran Materi Geometri Transformasi dengan Model Think Pair Share berbantuan Geogebra

Yulinar Safitri, Cut Morina Zubainur, Mukhlis Hidayat

Abstract


Hasil belajar siswa pada materi geometri transformasi masih rendah. Hal ini terjadi karena banyaknya kendala ataupun kekurangan yang dialami siswa dalam menjawab soal geometri transformasi. Strategi yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar geometri transformasi siswa yaitu pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) berbantuan geogebra. Model TPS mempunyai ciri khusus dalam pembelajaran yakni mendiskusikan konsep matematika dengan metode berpikir, berpasangann dan berbagi pengetahuan serta pemahaman. Teknologi pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran matematika geometri transformasi adalah dengan menggunakan geogebra sebagai salah satu software dinamis dan konstruktif, serta memiliki tampilan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran geometri transformasi dengan model TPS berbantuan geogebra. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, sedangkan sampel penelitian yang dipilih secara random yaitu siswa kelas IX-1 yang berjumlah 26 siswa. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui seperangkat instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi geometri transformasi dengan model TPS berbantuan geogebra. Hasil analisis data menunjukkann nilai    sehingga H0 ditolak dan  diterima. Implikasi kajian ini guru dapat menggunakan model TPS berbantuan geogebra untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran pada sub materi geometri lainnya.

 

Kata Kunci:     Hasil Belajar, Think Pair Share, Geogebra


References


Ananta, Wachid Kusuma. 2013. “Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya (PTK) pada Siswa Kelas IX-A Semester Ganjil SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Surakarta: Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

Arbain, N., & Shukor, N. A. 2015. The Effect of Geogebra on Students Achievement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 172(1), 208-214.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dicović, L. 2009. Application Geogebra into Teaching Some Topics of Mathematics Software at the College Lavel. Tersedia: http://elib.mi.sanu.ac.rs/files/journals/csis/12/060209.pdf. [diakses tanggal 22 agustus 2014].

Dimyati, M. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Hall, J., &Chamblee, G. 2013. Theaching Algebra and Geometry with Geogebra: Preparing Pre-Service Teachers for Middle Grades / Secondary Mathematics Classrooms Teaching Algebra and Geometry with Geogebra : Preparing Pre-Service Teachers for Middle Grades / Secondary. Computers in the Schools, 30(June), 12–29. http://doi.org/10.1080/07380569.2013.764276.

Hidayah, N. 2017. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi, Banda Aceh: Universitas Islam Negeri AR-RANIRY.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka Belajar.

Lie, A.2002. Cooperatif Learning Mempraktekkan Cooperatif di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Reis, Z. A., & Ozdemir, S. (2010). Using Geogebra as an information technology tool: parabola teaching. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9, 565–572. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.198.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

TIMSS and TIMSS Advanced 2015. 2016. Higherlights From TIMSS and TIMSS Advanced 2015. NCES. IES, U.S. Department of Education. Washington.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran inovatif progresif. Jakarta:Kencana.

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id