Keterlibatan Perilaku Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui STEM-PjBL di SMPN 2 Banda Aceh

Yulia Yulia, Cut Morina Zubainur, Rahmah Johar

Abstract


Keterlibatan perilaku siswa dalam pembelajaran masih kurang mendapat perhatian dari guru. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa yaitu dengan Science, Technology, Engineering, and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL). STEM-PjBL merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan proyek dengan beberapa disiplin ilmu untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan siswa secara perilaku dalam pembelajaran matematika melalui STEM-PjBL di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah lima siswa yang dipilih dari 22 siswa di kelas VII-3 SMP Negeri 2 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlibatan perilaku siswa. Keterlibatan perilaku siswa yang diukur dalam penelitian ini yaitu keterlibatan dalam mengamati permasalahan yang diberikan, mencatat hal-hal penting yang diperoleh, mendengarkan penjelasan guru, membawa bahan bacaan yang relevan serta membacanya, dan mencoba melakukan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa terlibat secara perilaku dalam pembelajaran matematika dengan STEM-PjBL. Hal ini terlihat dari siswa yang memenuhi empat dari lima indikator keterlibatan perilaku. Siswa aktif mengamati permasalahan dan mendengarkan penjelasan dari guru ketika guru memberikan permasalahan dan meminta siswa untuk mengamati permasalahan tersebut. Siswa juga aktif membaca bahan bacaan agar dapat melakukan eksperimen yang diberikan.

 

Kata Kunci:     Keterlibatan siswa, Keterlibatan perilaku, STEM-PjBL


Full Text:

29-37

References


Capraro, R. M., Capraro, M. M., Morgan, & Slough, 2013. STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (second ed). Rotterdam: Sense Publishers.

Dewi, I.A & Indrawati, K.R. 2014. Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 247-248.

Fredricks, J.A., Blumenfeld, P.C., & Paris, A.H. 2004. School engagement: Potential of the concept, state of evidence. Review of Educational Research, 74, 59-109.

Ismayani, A. 2016. Pengaruh Penerapan STEM Project-Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4): 264-272.

Iswara, N. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak Diterbitkan.

Padmini, K.H. & Tyagita, B.P.A. 2015. Teknologi Pendidikan sebagai Pembelajaran Kompetitif untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus di Salah Satu SMA di Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. Tidak Diterbitkan.

Putri, I.P. 2011. Hubungan Persepsi Terhadap Kompetensi Kepribadian Guru dengan Keterlibatan Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak Diterbitkan.

Reeve, J. 2012. A Self-determination Theory Perspective on Student Engagement. Depatment of Education, Korea University, 150.

Reyes, M.R., Brackett, M.A., Rivers, S.E., White, M., & Salovey, P. 2012. Classroom Emotional Climate, Student Engagement, and Academic Achievement. Journal of Educational Psychology, 104(3), 700-712.

Roberts, A. 2012. A justification for STEM education. Technology and Engineering Teacher, 74(8), 1-5.

Salirawati, D. 2008. Pengaruh Kemampuan Mendengarkan dan Mencatat terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan.

Sihpiwelas, H., Sugiyono, & Kartono. 2014. Peningkatan Keterlibatan siswa (student engagement) Secara Aktif dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV. Pontianak: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 7-8.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Whitney, F.L. 1960. The elements of Research, Asian Eds. Osaka: Overseas Book Co.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id