Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Belajar Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII di MTsN 7 Aceh Besar
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah salah satu model yang dapat meningkatkan hasill belajarrsiswa pada pembelajarannmatematika. Model kooperatif ini dapat diterapkan pada materi naratif seperti statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan siswa pada belajaran statistika di MTsN 7 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan desainneksperimen quasi yaitu the nonequivalenttcontrol group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 7 Aceh Besar yang terdiri atas 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII44 sebagaii kelas kontrol, masing-masing sebanyak 21ssiswa. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan kelas kontrol dibelajarkanndengan model konvensional. Instrumen penelitian berupa tes bentuk esai yang diberikan pada saat pre-test dan post-test,nmasing-masing terdiri atas 4 soal statistika. Pemberian kedua tes tersebut dengan mempertimbangkan kesetaraan kesulitannsoal. Untukmmengetahui pengaruh penerapkan model kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan siswa pada materi statistikaadi MTsN 7 Aceh Besar digunakann uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung = 1,52 Sementara itu, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk= 40 diperoleh ttabel= 1,72. Oleh karenatthitung 1,68= ttabel berakibat terjadi penerimaan H0. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajarnstatistika siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensionalppada siswa kelas VIII di MTsN 7 Aceh Besar.
Kata Kunci: Kemampuan Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Materi Statistika
References
Ervina. 2010. Perbandingan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pokok Bahasan Trigonometri SMA Kelas X Semester II di Madiun Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Tesis. Universitas Sebelas Maret.
Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar, Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.
Hakim, S. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 2, Nomor 2. Makassar.
Monalisa, M A. 2015 . Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pokok Bahasan Keterbagian Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Semester VI Tahun Ajaran 2014-2015 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jurnal Pancaran, Vol. 4, No. 2. Universitas Jember.
Nadia, R. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Rosyidah, U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal. Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Wardani, Sri. 2002. Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Tesis UPI bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id