Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Solving Berbantuan Microsoft Excel pada Materi Statistika di SMPIT Al-Azhar

Runi Sukhami, Ellianti Ellianti, Erni Maidiyah

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia tergolong rendah, maka permasalahan yang muncul adalah bagaimana guru dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan strategi yang tepat. Oleh kaena itu diterapkan model pembelajaran Problem Solving, dimana pada awal pembelajaran disajikan masalah yang ada dalam kehidupan nyata. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, maka diperlukan berbagai inovasi dalam proses pembelajaran matematika. Dengan Microsoft Excel yang digunakan, siswa dapat terbantu saat mencari mean, median dan modus pada materi Statistika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah setelah melaksanakan pembelajaran terhadap penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan Microsoft Excel pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII-1 SMPIT Al-Azhar Banda Aceh sebanyak 23 siswa. Objek pada penelitian ini adalah kemampuan siswa untuk memecahkan masalah pada pembelajaran matematika dengan model Problem Solving berbantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dari empat aspek kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang dikemukakan oleh Polya, siswa kurang mengerti pada aspek memahami masalah dan menafsirkan solusi, bagi mereka menuliskan diketahui dan kesimpulan itu tidaklah penting. Selain itu, dari soal ada item yang tidak perlu dicari, tetapi karena kurang ketelitian menyebabkan mereka membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya. Secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah siswa sangat baik, dari 23 siswa 12 diantaranya mendapatkan peringkat sangat ideal, 10 siswa berperingkat ideal, dan 1 siswa memperoleh peringkat yang sedang.

 

Kata Kunci:     Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Solving, Microsoft Excel, Statistika.


Full Text:

138-149

References


Bey, Anwar & Asriani. 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2), 237.

Dahar, R. W. 2011.Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga

Echols, John M. dan Shadily, Hassan. 1990. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Herawati, Eka.2017. Pembelajaran Statistika melalui Project Based Learning dengan Bantuan Microsoft Excel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik VIII D SMPN Unggulan Sindang Indramayu. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra Indramayu. 2(1), 29-44.

Johar, Rahmah. 2016. Strategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Materi Sosialisasi Kurikulum 2013.

Komputer, Wahana. 2007. Panduan Praktis Mengolah Angka dan Tabel dengan Microsoft Excel 2007. Yogyakarta: Andi.

MKPBM, Tim. 2001. Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2016). PISA 2015 Result. OECD

Posamentier, Alfred S, Stepelmen Jay. 1999. Teaching Secondary Mathematics Techniques and Enrichment Units. New Jersey: Prentice Hall.

Uno, Hamzah B.2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif Ed. 1, Cetakan Ketujuh.Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi aksara.

Yarmayani, Ayu. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Dikdaya. 6(2), 12-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id