Kemampuan Siswa SMP Membat Denah melalui Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Pada Materi Perbandingan
Abstract
Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) merupakan salah satu pendekatan yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah matematika di konteks realistik, misalnya kemampuan membuat denah. Namun kenyataannya, kemampuan siswa membuat denah sesuai indikator yang tepat masih rendah. Upaya guru membantu siswa untuk membuat denah dapat dilakukan dengan menerapkan pendekatan STEM pada materi perbandingan. Pendekatan STEM merupakan pendekatan dari seperangkat pembelajaran yang terdiri atas empat bidang, yakni Science, Technology, Engineering and Mathematics yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan siswa SMP membuat denah melalui pendekatan (STEM) pada materi perbandingan; 2) respon siswa melalui pendekatan STEM terhadap pembelajaran matematika pada materi perbandingan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMPN 2 Banda Aceh sebanyak 22 siswa. Untuk memperoleh data dilakukan dengan performance test dan angket respon siswa. Data hasil performance test dalam membuat denah dianalisis dengan rubrik penilaian berdasarkan PP RI Nomor 8 Tahun 2013 tentang ketepatan membuat denah. Hasil penelitian diperoleh dari 4 kelompok mengenai kemampuan siswa membuat denah yaitu 2 kelompok dikategorikan sangat baik dan 2 kelompok lainnya dikategorikan baik terhadap ketepatan dalam membuat denah, sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh siswa kelas VII-3 telah mampu membuat denah. Sementara itu, respon siswa terhadap pendekatan STEM diperoleh bahwa 86,36% siswa menyatakan setuju untuk penerapan pendekatan STEM pada materi perbandingan khususnya membuat denah. Oleh karena itu, melalui pendekatan STEM merupakan solusi pendekatan yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika pada materi perbandingani.
Kata Kunci: Denah, Kemampuan siswa , Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).
Full Text:
73 - 80References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Clancy, S. & Lowrie, T. (2002). Multimodal Meanings: The Pokemon Networks. Refereed Proceedings of the Ninth International Literacy and Education Network Conference, Beijing, China.
Ismayani. 2016. Pengaruh Penerapan Stem Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Cianjur. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education.
Kesumawati, 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal FKIP PGSD Palembang
Lowrie, Logan. 2007. Using spatial skills to interpret Problem solving in realistic contexts. Australian Primary Mathematics Classroom.
Lowrie, T., Downes, N., & Leonard, S. (2017). STEM education for all young Australians: A Bright Spots Learning Hub Foundation Paper, for SVA, in partnership with Samsung. University of Canberra STEM Education Research Centre.
National Research Council. 2014. STEM Learning Is Everywhere: Summary of a Convocation on Building Learning Systems. Washington, DC: The National Academies Press.
Slavin, R.E. 1994. Educational Psychology: Theory and Practise. Seventh Edition. Sample Chapter. Massachussetts: Allyn and Bacon
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung
Tarsidi, Iding. 2017. Performance tes. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online). (http://docplayer.info/39665635-Bahan-presentasi-performance-tes-oleh-drs-iding-tarsidi-m-pd.html, diakses pada tanggal 02 Januari 2018)
Tsai, H.Y., Chung, C.C. dan Lou, S.J. 2017. Construction and Development of STEM Learning Model. National Kaoshiung Normal University, Taiwan. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education
Winarni, dkk. 2016. STEM: Apa, Mengapa dan Bagaimana. [Jurnal].Malang: Universitas Negeri Malang.
Yakhya, I.R., Sabdaningtyas, L., Sugiyanto. 2015. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Mind Mapping. [Jurnal]. Kota Bandar Lampung.(Online).(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=289025&val=7239&title=PENINGKATAN%20AKTIVITAS%20DAN%20HASIL%20BELAJAR%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20MIND%20MAPPING)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id