Hubungan Perilaku Adaptive Help-Seeking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017

Wiana Indar Utami, Johan Yunus, Suryawati Suryawati

Abstract


Perilaku adaptive help-seeking (AHS) merupakan perilaku meminta bantuan saat mengalami kesulitan belajar dengan tidak bermaksud menggantungkan tugasnya pada orang lain. Dengan adanya perilaku tersebut diharapkan kepada siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar matematikanya. Penelitian yang berjudul “Hubungan Perilaku Adaptive Help-Seeking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017”  tersebut bertujuan untuk melihat dan mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku AHS terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh yang berjumlah 2 kelas dan yang menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas VIII tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yaitu deskriptif korelasi. Sedangkan pengumpulan data untuk mengetahui perilaku AHS siswa dilakukan dengan cara mengedarkan angket perilaku AHS dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa didapat dari guru matematika kelas VIII di SMP tersebut. Pengolahan datanya diolah dengan menggunakan uji-korelasi product-moment. Dari hasil penelitian ini didapat kontribusi perilaku AHS sebesar 0,04% terhadap hasil belajar matematika siswa. Namun demikian, kontribusi perilaku AHS menunjukan pengaruh pada tingkat sangat rendah sehingga dalam pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku AHS dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci:         Perilaku adaptive help-seeking, hasil belajar, matematika.

Full Text:

104-110

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

_________________, 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Ayu, Siti dan Teguh Wibowo. Tanpa Tahun. PerilakuMencari Bantuan Adaptif dalam Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Matematika UMP (Universitas Muhammadiyah Purworejo).(online),(http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2779/, diaskes maret 2017).

Jazilah, Naylatul. 2011. Pengaruh Perilaku Adaptiv Help-Seeking dalam Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI MI Matholi’un Najah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011. (online),(http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/118/ , diakses Agustus 2017).

Musdalipah, Ismi. 2015. Pengaruh Perilaku Adaptiv Help-Seeking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 10 Fajar Harapan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi yang tidak diterbitkan. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id