Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Pecahan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TPS pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2017/2018

Yeni Mahara, Budiman Budiman, M. Hasbi

Abstract


Pembelajaran kooperatif ialah satu dari beberapa model yang aktivitas mengajar yang dilakukan guru dengan membuat suasana belajar yang berkemungkinan terjadi proses belajar antar siswa. Kegiatan pembelajaran dalam kelompok oleh siswa akan terjadi interaksi apabila disetting dan diatur oleh guru. Penelitian ini memiliki rumusan masalah Apakah hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh melebihi KKM, dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) bertujuan agar mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa memakai model kooperatif tipe TPS materi operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada awal bulan Agustus 2017. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung sebanyak empat kali pertemuan. Adapun populasi yang diambil untuk penelitian ini ialah MTs Negeri 1 Banda Aceh dan sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-5 yang jumlah siswanya 30 orang. Instrumen yang diberikan kepada siswa berupa tes soal dengan banyak lima poin. Uji-t yaitu rumus yang digunakan untuk menguji Hipotesis penelitian ini dengan taraf signifikan dan kepercayaan adalah 5% dan 95%. Uji normalitas data, menggunakan statistik chi-kuadrat menunjukan bahwa   yaitu 0,66151 < 3,84 dan peneliti juga memakai statistik uji-t dengan taraf signifikan () = 0,05. Hipotesis statistik uji-t diuji dengan mengujikan uji satu pihak yaitu pihak kanan, dan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa >  yaitu 6,75 > 1,70. Simpulan melalui penerapan model kooperatif tipe TPS pada mata pelajaran matematika materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan di kelas VII MTsN 1 Banda Aceh hasil belajar siswa dapat melebihi KKM.

 

Kata Kunci:     kooperatif, Thik Pair Share, hasil belajar.


Full Text:

91-96

References


Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daryani, Ida.2010. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii Smp Negeri 11 Lhokseumawe.(skripsi).Banda aceh: FKIP Unsyiah.

Johar, Rahmah. dkk.2006.Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Ningsih, Sofia. 2016. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segiempat Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id