Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Subulussalam Tahun Ajaran 2017/2018

Intan Marsiana Kabeakan, R.M. Bambang S, Suhartati Suhartati

Abstract


Kemampuan komunikasi matematika yaitu salah satu kompenen pembelajaran matematika yang harus dipahami dan dikembangkan. Pembelajaran yang salah satu melatih kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu pembelajaran pada materi segiempat. Segiempat merupakan salah satu implementasi dalam kehidupan sehari-hari, jadi siswa diharapkan mempunyai komunikasi matematika pada materi segiempat dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi segiempat di kelas VIII SMP Muhammadiyah Subulussalam tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Subulussalam. Adapun menjadi subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII dan menjadi objek kelas VIII-1 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat eksploratif  dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif terhadap hasil tes tulis dan wawancara siswa yang mengacu pada rubrik penilaian kemampuan komunikasi  matematika siswa. Dari tiga indikator yang dikemukakan, diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah Subulussalam tahun ajaran 2017/2018 termasuk kurang pada materi segiempat. Siswa dapat mengkomunikasikan materi segiempat kedalam ide matematika dengan kriteria sangat kurang. Siswa dapat mengkomunikasikan peristiwa sehari-hari pada materi segiempat dalam bentuk  gambar dan aljabar dengan kriteria cukup. Siswa juga menyajikan penyelesaian permasalahan sehari-hari pada materi segiempat dengan kriteria sangat kurang.

 

Kata Kunci:     kemampuan, komunikasi matematika, materi segiempat.


Full Text:

97-103

References


Afgani D, Jarnawi. 2011. Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ansari, Bensu I. 2009. Komunikasi Matematik. Banda aceh: Yayasan Pena

Banda Aceh

Sakrani. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pendidikan Matematika Realistik”. Prosiding SNMPM, Universitas Sebelas Maret, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id