Penerapan Model Quantum Teaching pada Pembelajaran Persamaan Kuadrat di Kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh

Khana Silva Rezeka, Yuhasriati Yuhasriati, Syahyuzar Syahyuzar

Abstract


Model quantum teaching ialah model yang sangat dekat dengan siswa dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan siswa. Model quantum teaching ini memiliki asas (Deporter, 2010:34) yaitu : “Bawalah duniamu ke dunia mereka, dan bawalah dunia mereka ke dunia mu”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ketuntasan belajar pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh dengan menggunakan model quantum teaching. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh dan yang menjadi sampel dipilih secara acak (random) yaitu kelas VIII-2 SMPN 9 Banda Aceh dengan jumlah siswa 21 orang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dengan pengukuran kuantitatif untuk melihat hasil belajar siswa melebihi nilai ketuntasan belajar. Pengolahan data menggunakan rumus statistik dengan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan penerapan model quantum teaching pada materi pembelajaran persamaan kuadrat di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh melebihi nilai ketuntasan belajar yaitu pada pengujian hipotesis > 70. Simpulan penelitian ini adalah (a) Melalui model quantum teaching hasil belajar siswa melebihi nilai ketuntasan belajar pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh: (b) Melalui model quantum teaching suasana belajar di dalam kelas terlihat menyenangkan. Di sarankan kepada guru maupun peneliti lainnya untuk dapat menerapkan model quantum teaching di dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: quantum teaching, persamaan kuadrat


Full Text:

PDF

References


Azma, Nahraisyah dhelsy. 2013. Penerapan Pendekatan Contextual ( CTL ) pada Materi Segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Banda aceh: Universitas Syiah Kuala.

Deporter, Bobbi. 2003. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Deporter, Bobbi. 2010. Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika Kelas VIII SMP. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Yuhasriati. 2015. Pembelajaran Quantum dalam Pembelajaran Matematika. Peningkatan Profesionalisme Pendidik Matematika dalam Menghadapi MEA 2015. Universitas Syiah Kuala: Banda Aceh.

Yuhasriati and Yulianti. 2015. One Variable Linier Equetion Teaching By Quantum Teaching In Seventh Grade Of MTsN Tungkob Aceh Besar. Improving Human Resources Quality Through Research And Development In The Era Of AFTA. International Conference Serambi Mekkah University: Banda Aceh. Halaman (355-359).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email     : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id