Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh
Abstract
Self efficacy merupakan penilaian seseorang terhadap kemampuan diri untuk mengatur dan melaksanakan upaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah self efficacy. Beberapa penelitian menunjukkan pendidik sering kali mengabaikan pentingnya self efficacy yang mengakibatkan aspek afektif ini kurang mendapat perhatian. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk: (1) melihat hubungan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh; (2) mengetahui besar pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 7 kelas, sedangkan yang menjadi sampel adalah 2 kelas, yaitu X-D dan X-E yang berjumlah 55 siswa. Sampel ditentukan secara acak dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan nilai hasil belajar matematika siswa materi eksponen dan logaritma yang diperoleh dari guru bidang studi matematika. Pengolahan data dilakukan dengan rumus korelasi product moment dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh; (2) kontribusi self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK SMTI Banda Aceh sebesar 0,53% sedangkan sisanya 99,47% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Pengaruh, Self Efficacy, hasil belajar matematika.
Full Text:
43-48References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqiilah. 2016. Perbandingan Keefektifan Model Core Dalam Pembelajaran Transformasi Geometri Strategi Berpasangan dan Kelompok Kecil Siswa Kelas XI IPA Ditinjai dari Kemampuan Penalaran, Prestasi dan Self Efficacy. Tesis Magister. Universitas Negeri Yogyakarta.
Barrowa, J. Dunn, S. & Lloyd, C. A. (2013). Anxiety, self efficacy, and college exam grades. Universal Journal of Educational Research, 1, 3, 204-208.
Cheema, J. R. (2013). Does it matter how you measure it? The case of self efficacy in mathematics. Educational Research, 23, 3, 346-356.
Damarjati, Taufik. 2016. “Konsep Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan”, (Online), (https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan, diakses pada 13 Juli 2017).
Handayani, Febriana & Nurwidawati, Desi. 2013. Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character, Vol 1 (2).
Hastuti Lastiurma Pakpahan. 2014. Analisis self efficacy dan kesalahan dalam menggunakan soal penalaran matematis siswa SMA. Tesis magister, tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Hidayat, Dede Rahmat. 2011. Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.
NTCM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: NTCM.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2614-1078 (online)
Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/
Email : jimpmat@fkip.unsyiah.ac.id